Koper Hilang di Bandara: Begini Langkah - Langkah yang Harus Dilakukan
Koper Hilang di Bandara - (Gambar Dimitri Karastelev -Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sebagian waktu lalu, dunia maya dihebohkan dengan cuitan Kaesang Pangarep. Melalui akun Twitter @kaesangp, Kaesang mengaku kehilangan koper. Nah, apa yang wajib dicoba dikala koper hilang di bandara semacam pengalaman tidak menyenangkan anak Presiden Jokowi ini? Yuk cari tahu apa yang harus dilakukan saat koper hilang di bandara!

"Hore, naik Batik Air ke Surabaya tetapi koperku selamat sampe bandara Kualanamu. Terima kasih Batik Air," cuit Kaesang.

Pada cuitan lain, Kaesang pula berkata, "Malam ini memiliki alasan gak mandi ke ibu sebab koperku diterbangin sama Batik Air ke Kualanamu. Terima kasih Batik Air."

Sehabis kegaduhan di media sosial, Senin (14/11/2022), Kaesang juga menginformasikan kalau kopernya telah diamankan. "Koper selamat. Terima kasih Batik Air," cuitnya.

Bila sesuatu saat terletak di posisi yang sama dengan Kaesang, ikuti panduan berikut buat kembali memperoleh koper Anda.

Koper Hilang di Bandara Anda Harus Melakukan Ini!

Hubungi maskapai penerbangan

Begitu menyadari koper Anda yang tidak ada di baggage claim, lekas mendatangi pihak maskapai. Tiap lapangan terbang mempunyai perwakilan pihak maskapai yang bisa Anda mendatangi bila terdapat kendala.

Lengkapi laporan bagasi yang hilang

Dikala memberi tahu kehilangan koper, Anda bakal diminta buat memenuhi laporan terkait. Jadi, yakinkan Anda mengingat warna, model, sampai merek bagasi Anda. Bakal lebih baik bila Anda pula mempunyai gambar koper Anda.

Sehabis itu, pihak maskapai bakal melacak keberadaan koper berdasar ID penerbangan buat mengonfirmasi mungkin posisi koper Anda.

Meminta pengiriman koper ke rumah atau hotel

Selaku penumpang, Anda berhak meminta maskapai mengirimkan koper atau benda di bagasi Anda yang lain yang hilang ke rumah atau hotel tempat Anda menginap. Tidak hanya itu, yakinkan lagi berapa lama proses yang diperlukan hingga koper kembali ke tangan Anda.

Selama proses menunggu, Anda pula bakal diberi kontak maskapai yang bakal mengirimkan pembaharuan data koper Anda.

Meminta kompensasi

Beberapa maskapai biasanya bakal memberikan ganti rugi apabila terdapat bagasi yang tertunda atau hilang. Mengutip dari halaman The Points Guy, koper yang rusak, dicuri, atau hilang sepanjang penerbangan tercantum dalam situasi salah penanganan serta jadi tanggung jawab maskapai.

Simpan semua tanda terima

Waktu proses pengembalian koper terkadang memakan waktu sebagian hari. Sepanjang waktu tunggu itu, Anda bakal menemukan penggantian bayaran paling tidak sepanjang 5 hari. Oleh sebab itu, yakinkan seluruh pengeluaran yang Anda jalani mempunyai nota atau tanda terima.

Klaim asuransi

Sebagian asuransi ekspedisi pula menerima aduan mengenai kehilangan koper sepanjang ekspedisi. Anda bisa memastikannya dengan mengecek kembali sepanjang mana coverage asuransi ekspedisi Anda.

Pastikan kembali koper yang diterima

Kala koper telah kembali ke tangan Anda, pastikan buat melangsungkan pengecekan secara totalitas terlebih dulu. Bila ditemui terdapatnya kerusakan atau benda hilang, maskapai harus melakukan penggantian.

Proses pencarian koper yang lenyap serta gimana Anda wajib melaksanakan laporan bisa jadi berbeda pada masing- masing maskapai. Yakinkan kembali kebijakan masing- masing maskapai yang Anda seleksi. Jadi, telah mengerti apa yang wajib dicoba dikala koper hilang di bandara, kan? 

Jadi setelah mengetahui koper hilang di bandara, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!