Biar tidak Tertipu, Begini 5 Cara Membedakan Berlian Asli dan Palsu
Ilustrasi (Kenneth Surillo/Pexels)

Bagikan:

Berlian adalah sahabat wanita. Namun dalam dunia batu mulia, ada beberapa alternatif untuk membuat berlian. Sebenarnya tak ada masalah dengan metode pembuatannya. Namun, jika batu yang digunakan tidak sesuai dengan yang diklaim, maka itu bisa jadi perkara.

Berlian palsu juga bisa berupa zirkon putih, kuarsa, kaca, topas putih, dan bahkan spinel putih. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui cara mengenali berlian palsu dan mengingatnya baik-baik. Mari perhatikan beberapa cara mengenali berlian palsu berikut ini, dilansir dari Times of India, Kamis, 4 Januari.

Tes air

Ini adalah salah satu tes termudah, di mana Anda hanya memerlukan gelas biasa dan mengisi tiga perempatnya dengan air. Selanjutnya, masukkan berlian lepas ke dalam gelas. Jika tenggelam berarti berlian Anda murni. Namun, jika berlian ternyata kaca atau kuarsa, maka itu akan mengapung di bawah atau hanya menempel di permukaan air.

Tes kabut

Uji kabut adalah eksperimen mudah lainnya yang dapat dilakukan. Aman, mudah, dan dapat diterapkan pada perhiasan berlian dan berlian lepas. Ambil saja berlian di antara dua jari, dan tiupkan udara ke atasnya. Pada permukaan berlian asli, kabut akan langsung hilang. Sebaliknya, batu palsu akan menahan kabut selama beberapa detik, karena kemampuan konduktivitasnya yang tinggi, berlian asli akan dengan cepat menghilangkan panasnya.

Tes kilau

Anda juga dapat mengamati batu berlian palsu atau asli secara praktis dengan memperhatikan cahaya yang dipantulkan berlian. Biasanya berlian menunjukkan kilau abu-abu dan putih dari dalam dan kemudian tersebar dalam warna pelangi di sekitarnya. Jika itu palsu, maka batu cenderung mengintensifkan pantulan warna pelangi tanpa kehadiran abu-abu dan putih dalam spektrumnya.

Tes titik

Dengan selembar kertas, gambarlah sebuah titik dan letakkan permata dari sisi datar ke bawah pada titik tersebut. Lalu, coba liat titik yang Anda gambar melalui batu berlian. Berlian asli tidak akan menampakkan apapun, sedangkan berlian palsu akan menampakkan titik dengan jelas.

Tes cahaya hitam

Untuk melakukan tes ini, matikan semua lampu dan letakkan batu Anda di bawah sumber cahaya hitam. Jika Anda memegang berlian asli, Anda akan melihat warna biru pekat pada permukaan berlian. Batu permata palsu akan terlihat warna lain seperti kuning, abu-abu, dan hijau.