Bagikan:

YOGYAKARTA – Memilih barang mewah merupakan hal yang rumit. Selain penting mengenali merek dan kualitasnya, perlu juga menimbang bagaimana eksklusivitas dan prestise yang ditandai lewat merek tertentu. Salah satunya merek tas mewah, yang mana kemewahan selalu berfluktuasi namun tetap memiliki kualitas atau ciri-ciri umum. Untuk membantu Anda berbelanja secara cerdas, berikut kategori merek tas mewah yang bisa Anda jadikan referensi.

1. The Accessible

Menurut pakar merek terbagi menjadi kategori dalam skala massal dan niche. Skala massal bisa dikonsumsi oleh berbagai demografi dan keberadaannya diketahui bahkan oleh orang-orang yang tidak tertarik dengan industri tersebut. Untuk skala niche, memiliki target audiens yang lebih spesifik dan dikenal oleh orang-orang yang sangat tertarik dengan industri tersebut.

Untuk kategori pertama, the accessible atau ‘yang dapat diakses’, juga dikenal sebagai kemewahan tingkat awal. Di mana produk merek tersebut harganya lebih terjangkau dibanding tingkatan setelahnya. Tidak hanya dalam hal kisaran harga tetapi jenis barang ini cenderung lebih mudah dibeli dan ditemukan karena merek-merek tersebut memiliki lebih banyak titik penjualan seperti berbagai butik, pengecer, dan e-commerce. Jika Anda adalah seseorang yang ingin mulai mengoleksi tas mewah merek Marc Jacobs, Michael Kors, Furla, Vivienne Westwood, Tory Burch, Kate Spade, Proenza, dan lainnya termasuk merek dengan kategori the accessible.

kategori tas mewah dan mereknya
Ilustrasi kategori tas mewah dan mereknya (Sumber: Michael Kors)

2. The Contemporaries

Melansir The Corator, Rabu, 15 November, merek-merek dengan kategori the contemporaries rata-rata dimiliki konsumen yang memiliki budget lebih tinggi dan lebih berani dalam fesyen. Merek ini tidak sesejarah dengan merek kelas atas, namun masih cukup memiliki kekhasan dan estetika. Desainnya cenderung berjiwa muda dan kekinian sehingga tidak berlebihan. Desainer juga mengutamakan bentuk, tekstur, dan material yang glamor sehingga cocok untuk konsumen yang suka tampil sederhana. Merek kategori ini, termasuk Alexander McQueen, Gabriela Hearst, Maison Mariela, Jacquemus, Marni, Acne Studios, JilSander, dan Issey Miyake.

kategori tas mewah dan mereknya
Ilustrasi kategori tas mewah dan mereknya (Sumber: Alexander McQueen)

3. The Classics

Anda mungkin melihat merek dengan kategori the classics ini di mal tetapi biasanya memiliki harga yang mahal. Merek ini cenderung punya Sejarah dan warisan karena relevan dengan waktu sejak awal berdiri. Merek klasik ini punya ciri khas masing-masing dan tak pernah ketinggalan zaman. Selain populer dan estetik, merek ini juga sering dikenal dengan mudah. Barang ini juga sulit didapat karena diproduksi terbatas sehingga terlihat eksklusif. Diantaranya, merek the classics seperti Gucci, Prada, Fendi, Louis Vuitton, Celine, Saint Laurent, Burberry, Valentino, Givenchy, Bottega Veneta, MiuMiu, dan Loewe.

kategori tas mewah dan mereknya
Ilustrasi kategori tas mewah dan mereknya (Sumber: Givenchy)

4. The Legacies

Merek kategori ini memiliki sejarah dan mengakar. Biasa dibilang merek spesialis yang dikenal dengan sangat spesifik cetakannya, bentuk, ataupun gaya tertentu. Seperti Bvlgari dengan seri Serpenti yang khas tanpa logo. Kategori tas mewah ini biasanya dibuat dengan keahlian khusus, perhatian yang detail, dan bahan berkualitas. Merek lain dalam kategori the legacies, antara lain Dior, Goyard, Carlier, dan Faure Le Page.

5. The Supreme

Seperti namanya, the supreme yang termasuk kategori teratas, kemewahan dari tas ini sulit untuk dimiliki. Karena merek ini memiliki reputasi, ciri khas, dan kisaran harga yang sangat tinggi. Merek kategori ini termasuk Hermes, Chanel, dan Delvaux.

Itulah kelima kategori tas mewah beserta mereknya. Adakah merek dengan kategori khusus di atas jadi tas idaman Anda atau sudah menghias lemari tas Anda?