Selain Cinta, Ini 3 Faktor yang Perlu ada dalam Hubungan Rumah Tangga Bahagia
Ilustrasi (Urel Mont/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Hampir semua pasangan mencari faktor-faktor kunci yang membuat suatu hubungan menarik dan menjanjikan keintiman yang luar biasa. Meskipun setiap hubungan berbeda, namun ada faktor tertentu yang perlu ada dalam hubungan rumah tangga jika ingin harmonis.

Hal ini, jika diabaikan atau tidak ditangani dengan baik maka dapat memperumit hubungan itu sendiri. Berikut faktor-faktornya di bawah ini, melansir Stylecraze, Rabu, 20 Desember.

Keluarga

Bersama keluarga datanglah tanggung jawab yang besar. Jika Anda adalah pasangan yang memiliki anak dan memiliki anggota keluarga besar lainnya yang tinggal bersama, penting menjaga kehidupan keluarga dengan baik. Kebahagiaan seluruh anggota keluarga juga akan menentukan kebahagiaan Anda sebagai pasangan.

Bagilah tanggung jawab sebagai orang tua, komunikasikan satu sama lain, dan jangan memperpanjang konflik untuk hal yang remeh temeh. Keintiman emosional yang sehat akan sangat membantu. Dalam memastikan kehidupan keluarga yang baik seiring dengan keberhasilan hubungan Anda.

Jujur

Kurangnya keintiman dalam suatu hubungan seringkali disebabkan oleh keengganan untuk saling berkomunikasi secara terbuka dan mengungkapkan segala emosi. Jika Anda marah pada pasangan karena suatu hal, jangan ragu membicarakannya secara terbuka. Konflik terkadang bagus untuk menyelesaikan masalah. Ingatlah untuk tidak membiarkan rasa tidak hormat, ketidakpekaan, penilaian, dan menyalahkan menyusup ke dalam argumen Anda.

Kehadiran Fisik

Kualitas keintiman dalam suatu hubungan sangat bergantung pada seberapa hadir Anda dan pasangan dalam kehidupan yang dijalani. Seringkali, jadwal yang padat menyulitkan Anda dan pasangan menghabiskan waktu bersama. Namun penting meluangkan waktu untuk pasangan Anda sebelum berangkat kerja, setelah pulang kerja, atau di akhir pekan. Hal ini tidak hanya memungkinkan Anda untuk hadir secara fisik satu sama lain tetapi juga meningkatkan keintiman emosional dan kreatif.

Beberapa faktor lain yang membantu membangun keintiman dalam suatu hubungan meliputi keamanan, tanggung jawab, niat positif, tidak ada gangguan, rasa syukur, aksesibilitas, daya tanggap, dan keterlibatan.

Keintiman dapat dimanifestasi dengan berbagai cara dalam suatu hubungan. Itu bisa bersifat spiritual, intelektual, emosional, atau seksual. Jika Anda berkomunikasi secara jujur dengan pasangan, tidak takut menunjukkan kelemahan, dan saling percaya, maka keintiman dalam hubungan bisa tumbuh berlipat ganda. 

Anda juga bisa memperdalam keintiman dalam berbagai tingkatan dengan pasangan dengan memberikan perhatian pada pasangan, hadir pada saat dia membutuhkannya, dan jujur satu sama lain. Keintiman membantu memperkuat hubungan dan membuatnya bertahan lama.