Bagikan:

JAKARTA - Lama tak terdengar kabarnya, Produser dan pemain film Vera Lasut ternyata sedang punya kesibukan baru. Pemain film Kereta Setan Manggarai ini dilantik menjadi Ketua Umum Motor Camping Adventure Indonesia (MCAI). MCAI adalah wadah bagia mereka yang suka touring, camping, dan pelestarian alam serta budaya Indonesia.

Vera terarik bergabung ke MACI karena sedari kecil sudah dipernalkan kedua orangtuanya untuk mencintai alam, menjaga kelestarian warisan budaya Leluhur. "Umur 4 tahun katanya aku sudah inisiatif memungut sampah dicandi Borobudur, menangisi Candi Prambanan ketika melihat Patung Kerbau yang kepalanya hilang. Semua pesan tertanam dan terus terngiang sampai sekarang, akhirnya mengiyakan amanah menjadi ketua umum tersebut," kata VEra Lasut saat video conference dengan media, Kamis, 18 Februari.

Deklarasi MCAI baru saja lakukan di Pasir Luhur, Bogor, Minggu 14 Februari lalu. "Ketika menyebut motor orang berfikir club motor, kalau di MCAI itu kita artikan motor sebagai penggerak. Jadi kita berkumpul untuk jadi penggerak untuk kembali ke alam bebas agar bisa terkoenksi dengan alam dan mengembalikan kepada alam," jelas Vera saat berbincang virtual dengan media.

 

 

 

 

 

View this post on Instagram

Masa pandemi diakui Vera memicunya untuk semakin mencintai alam dan kembali lebih dekat ke alam. Itu sebabnya, Vera bersedia menerima mandat sebagai Ketua Umum MCAI.

"Saya senang bisa hidup kembali ke alam, karena saya sadar nggak mungkin manusia hidup tanpa alam. Mungkin banyak orang yang belum menyadari hal itu, karena itu saya tergerak memimpin organisasi ini supaya bisa lebih bermanfaat ke masyarakat luas. Pesona Indonesia tidak hanya alamnya saja yang indah, namun beragam suku, budayanya segala yang luar biasa dan harus terus dilestarikan agar anak cucu sebagai Generasi Penerus Bangsa mengenal , menghargai, menjaga dan menghormatinya,” katanya.

Vera menjelaskan MCAI ini menggerakkan anggotanya untuk camping sebagai jalan kembali ke alam. "Kami membuat jadwal untuk camping secara teratur. Anggota MCAI harus bergandengan tangan pro aktif untuk mensosialikan MCAI sebagai rumah untuk menjaga alam dan budaya Indonesia," jelas Produser film The Perfect House ini.

Meskipun baru dibentuk, anggota MCAI sudah tersebar di seluruh wilayah Indoesia. Jadi deklarasi dilakukan secara serentak dan terkoneksi. 

"Kami melakukan deklarasi dengan anggota terbatas karena masih dalam pandemi. Jadi yang di Bogor cuma panitia saja ditambah perwakilan dari zona DKI, Jawa Barat, dan Banten. Masing-masing pengurus daerah melakukan camping di daerah masing-masing. Dan kami melakukan pelantikan anggota secara virtual dengan zoom," ujar Vera Ketua Umum MCAI periode 2021-2023.

Saat deklarasai, Vera menyebut ada penanaman bibit pohon dan pelepasan burung sebagai lambang konservasi fauna & pelestarian lingkungan. "Sedangkan di NTT ada juga pembagian masker dan edukasi kepada masyarakat bagaimana menggunakan masker yang benar," kata Vera Lasut.

Go International

"Acara yang kami lakukan adalah camping bersama dan deklarasi MCAI. Kami ingin ikut menjaga dan partipisasi menjaga alam sekitar. Ini kami lakukan dua bulan sekali," Kata Dewan Penasehat MCAI NTT, Fuad Sauqi.

Perwakilan MCAI Sulawesi, Bambang berharap MCAI bisa go international bukan. "Kami berbangga hati dan kehormatan besar bisa bergabung dengan MCAI. Insya Allah semakin solid dan kompak. Berharap biosa go international. Wadah hobi yang luar biasa," jelasnya.

Sebagai sineas, Vera Lasut mengaku rindu untuk syuting kembali. Di MCAI dia berharap bisa juga membagi pengalamannya kepada anggota. 

"Saya sedang mempersiapkan film dokumenter dan satu film berjudul bertema legenda rakyat populer. Saya ingin menularkan semangat dokumentasi ke anggota MCAI sehingga bisa memperkenalkan keindahan Indonesia kepada dunia. Anggota MCAI yang tersebar di seluruh Indonesia punya potensi untuk menggali tempat wisata yang belum dikenal masyarakat luas," harapannya.