Bagikan:

YOGYAKARTA – Profesi sebagai voice over ternyata cukup menjanjikan mengingat industri multimedia terus berkembang. Bagi Anda yang tertarik untuk meniti karier tersebut, pelajari apa saja skill yang dibutuhkan voice over.

Secara umum voice over (VO) adalah teknik sulih suara yang digunakan untuk menjelaskan situasi untuk meningkatkan komunikasi konten dengan audiens. Teknik ini biasa digunakan pada konten yang ditayangkan di media layar seperti film, atau bisa digunakan pada konten semacam radio.

Skill yang Dibutuhkan Voice Over

VO sendiri saat ini lebih dikenal sebagai pengisi suara. Seorang VO akan merekam suara suara untuk mengisi suara demi menambahkan informasi. Perlu diketahui bahwa seorang VO hanya akan diambil suaranya saja, sedangkan sang artis tidak akan masuk dalam konten.

Profesi VO biasa dibutuhkan pada produksi film, serial TV, animasi, dokumenter, audio book, pesan telepon mesin, produk jurnalistik, hingga iklan.

Patut diketahui pula bahwa VO berbeda dengan dubbing, yakni pada fungsi dan proses produksinya. Seorang VO akan memberikan informasi secara umum, sedangkan dubbing mengganti akan mengganti seluruh dialog.

Sebelum mengetahui skill yang harus dikuasai oleh seorang VO talent, ada baiknya mengetahui apa saja tugas yang harus dilakukan di industri multimedia.

  1. Membaca Naskah

Seorang VO talent bekerja berdasarkan naskah yang dibuat. Naskah tersebut dibuat dan telah disesuaikan dengan kepentingan konten.

  1. Memahami dan Menyampaikan Pesan

Saat bekerja, seorang VO juga harus memahami sekaligus menyampaikan pesan dengan baik kepada audiens. Talent harus tahu konteks kata dan kalimat yang akan dibacakan dalam produksi konten.

  1. Membuat Beberapa Variasi VO

Saat membacakan naskah, talent VO biasanya akan diminta untuk membuat beberapa versi agar mendapatkan produk audio yang sesuai.

Selain mengetahui tugas, VO talent juga dituntut untuk memiliki beberapa skill untuk memudahkan pekerjaannya. Berikut ini skill yang harus dimiliki seorang VO talent.

  1. Skill Berbicara yang Jelas

Bagi seorang VO, suara adalah modal paling penting. VO harus bisa berbicara dengan suara yang jelas, baik saat lantang maupun saat nada rendah.

  1. Mampu Menyesuaikan Tempo

Pelaku VO juga harus bisa memahami tempo, kapan harus berbicara cepat dan kapan harus berbicara lambat. Tempo biasanya berhubungan dengan durasi dan kesesuaian VO dengan musik latar belakang.

  1. Harus Tahu Intonasi

Saat membacakan naskah, terkadang VO artis harus tahu kapan intonasinya naik maupun rendah. Biasanya intonasi disesuaikan dengan kata atau kalimat tertentu.

  1. Skill Nada

Disarankan agar VO talent tahu nada karena akan disesuaikan dengan produk audio lain yang berupa musik.

  1. Bisa Berbahasa dengan Baik

Seorang VO harus bisa menggunakan kemampuan berbahasanya dengan baik, tidak hanya bahasa yang digunakan sehari-hari namun disarankan untuk memahami bahasa asing. Pemahaman bahasa ini digunakan untuk menyesuaikan naskah dengan penekanan suara yang harus diucapkan.

  1. Harus Bisa Memahami Karakter

Memahami karakter harus bisa dilakukan oleh pelaku VO. Sebagai contoh, seorang VO harus mengisi suara bertema anak-anak, maka nada suara yang harus dikeluarkan tentu tidak jauh dari tema anak-anak. Berbeda dengan VO untuk konten bertema dewasa.

  1. Memahami Istilah

Sebelum produksi VO dilakukan, talent harus tahu lebih dulu istilah apa yang akan dibacakan. Biasanya terdapat istilah yang jarang didengar. Pemahaman ini penting dilakukan agar tahu konteks naskah.

Itulah informasi terkait skill yang dibutuhkan voice over. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.