Bagikan:

JAKARTA - Rumah produksi Alenia Pictures dan Bhinneka Multi Media menggelar konferensi pers film Indonesia Dari Timur di Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu, 9 Desember.

Film ini diangkat dari kisah inspiratif tim sepak bola putra dan putri Papua yang sama-sama meraih medali emas di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua pada tahun 2021 lalu.

“Kita tahu sepak bola adalah olahraga yang sangat diminati bukan hanya di tanah Papua tapi di seluruh dunia. Sepak bola itu pemersatu bangsa, kami ingin memberikan semangat persatuan, berikan semangat yang terbaik untuk Indonesia,” kata Nia Sihasale selaku produser saat konferensi pers.

Indonesia Dari Timur secara langsung juga melibatkan beberapa pesepakbola muda Papua untuk memainkan peran di dalam film.

Sementara itu, Ari Sihasale selaku produser dan sutradara juga ikut ambil peran memainkan karakter Eduard Ivakdalam yang dikenal sebagai salah satu legenda sepak bola Papua.

“Saya banyak konsultasi dengan coach Edu, banyak berdiskusi. Kami berharap adegan pertandingan sepak bola tidak terlalu banyak, tapi itu real bukan kaleng-kaleng,” kata Ari Sihasale.

Adapun, Indonesia Dari Timur ingin menyampaikan semangat dan kebersamaan Indonesia lewat sepak bola. Apa yang diraih tim sepak bola Papua dilihat sebagai sebuah perjuangan menuju masa depan yang penuh harapan.

Film ini diperankan oleh Ibnu Jamil, Ari Sihasale, Donny Alamsyah, Marcellino Lefrandt, Dinda Ghania. memperkenalkan bintang-bintang muda sepak bola dari Papua, Yesaya Kogoya, Richardo Youwe, Yulianus Yual, Karel Fonataba, Michael Twenty.

Sementara itu, proses syuting dilakukan di tiga provinsi, yaitu Papua, Papua Tengah, Papua Pegunungan. Tidak hanya keindahan alam, film ini juga memperlihatkan berbagai sarana sepak bola di di Wamena, Timika, dan Jayapura.

Marcellino Lefrandt mengaku puas dengan keputusannya terlibat dalam film ini. Sedari awal, ia memang sudah setuju untuk bermain karena ingin melihat langsung kemampuan pesepakbola dari Papua

“Menarik dan saya pribadi mau ikut, agar bisa blend dalam peran yang dimainkan. Sepak bola, skill-nya bagus, tidak perlu dipertanyakan lagi,” ucap Marcelino.

Film Indonesia Dari Timur akan segera tayang di bioskop. Namun, Alenia Pictures belum mengumumkan tanggal pasti penayangan film tersebut.