Bagikan:

JAKARTA - Aktor asal Tiongkok, Xing Zhaolin untuk pertama kalinya hadir di Indonesia untuk mempromosikan series terbarunya berjudul My Girl yang rencananya akan tayang pada tahun 2024 mendatang. Dalam sebuah wawancara eksklusif dengan VOI, Xing Zhaolin mencoba menceritakan lebih dalam mengenai seriesnya ini.

Xing Zhaolin mengatakan bahwa secara garis besar series My Girl ini merupakan series yang bercerita mengenai hubungan antara laki-laki dan wanita yang hubungannya seperti bos dan karyawan sekaligus kakak dan adik yang di mana pada awalnya mereka saling membenci namun lama-kelamaan malah saling menaruh hati.

“Cerita My Girl ini tentang kayak hubungan cewek dan cowok yang hubungannya tuh kayak atasan dan bawahan dan sekaligus kayak kakak dan adik gitu nah ceritanya itu dari mereka saling benci, terus nanti berlanjut pelan-pelan saling mencintai,” ujar Xing Zhaolin di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Untuk karakternya sendiri, pria berusia 26 tahun ini mengatakan bahwa ia memainkan peran sebagai Xue Hanyu yang memiliki karakter berbeda dengan karakter-karakter di series sebelumnya. Di sini ia memiliki karakter yang sedikit diberikan bumbu komedi sehingga diharapkan bisa lebih mudah diterima oleh penonton Indonesia yang rata-rata menyukai cerita komedi dan ringan.

Xing Zhaolin (Foto: Anto, DI: Raga/VOI)

“Jadi karakter aku My Girl ini Xue Huanyu, dia ini adalah yang berbeda dengan karakter-karakter sebelumnya yang kayak Gentle Me on You, Cute Programmer atau You're My Destiny itu kan karakternya lebih kayak agak serius gitu, agak jadi peran CEO gitu, nah di series ini aku agak komedi gitu dan lebih kayak ringan ceritanya, jadi kayak bisa lebih dekat dengan penonton Indonesia juga,” tuturnya.

Selain itu, Xing Zhaolin juga mengungkapkan sebuah fakta menarik mengenai karakternya di series ini. Ia mengatakan bahwa nantinya di series ini ia akan melakukan adegan menari yang sebelumnya tidak pernah ia lakukan di series manapun.

“Jadi di series My Girl itu ada satu yang menarik aku ini kan badannya tinggi jadi aku kalau menari itu kayak agak gak seimbang, agak sedikit jadi kayak tapi di serial My Girl ini aku menari, jadi mungkin nanti bisa kalian nantikan,” pungkas Xing Zhaolin.

Meski begitu, Xing Zhaolin mengakui mengalami kesulitan ketika memainkan peran Xue Hanyu yang merupakan seorang CEO. Hal ini diungkapkannya karena di series-series sebelumnya, ia juga sering bermain peran sebagai CEO, sehingga ia kesulitan untuk memberikan kesan yang berbeda kepada penonton untuk perannya di series My Girl ini.

“Yang menjadi kesulitan mungkin karena aku dan Xing Fei sama-sama sering bermain di series romantis, nah kami kebetulan karakternya itu mirip-mirip di series dan yang lain juga, kayak aku karakternya jadi CEO, sama-sama pakai jas, jasnya kadang juga mirip ya warnanya di setiap series lainnya, jadi kadang-kadang aku jadi berpikir gimana ya supaya membedakan karakter yang di sekarang ini dan yang sebelum-sebelumnya," katanya.

Xing Zhaolin (Foto: Anto, DI: Raga/VOI)

Zing Zhaolin pun akhirnya menggunakan ekspresi untuk membedakan satu karakter dengan karakter lain yang dimainkannya. Dia tak ingin banyak kemiripan yang dimunculkan. 

"Nah, kadang-kadang aku itu caranya kayak melihat cara melihat kamera, cara berekspresi itu aku harus mikir kayak, ‘jadi ini mirip kayak karakter sebelumnya nggak ya?’ Kalau misalkan dirasa mirip aku harus mengulang take lagi gitu,” ungkapnya.

Tidak bermain sendirian, Xing Zhaolin dalam series ini nantinya akan beradu akting dengan aktris asal Tiongkok juga bernama Xing Fei. Sama-sama sukses bermain di series bergenre romantis ternyata tidak membuat Xing Zhaolin kesulitan membangun chemistry dengan Xing Fei. Ditambah lagi mereka memiliki kepribadian yang sama-sama extrovert.

“Jadi sama Xing Fei pasangan di My Girl ini kami sebenarnya di kehidupan asli kami kayak orang yang extrovert, sama-sama extrovert jadi kami kayak pas ketemu langsung saling menyapa, jadi bukan kayak, ‘halo’, terus kayak langsung diam-diaman tapi kami saling sapa, saling ngobrol, dan kebetulan kami sama-sama bermarga Xing, jadi kami itu kayak mungkin kayak di beberapa tahun yang lalu, atau mungkin ratusan tahun yang lalu mungkin kami keluarga,” seloroh Xing Zhaolin.

Lebih banyak mendapat tawaran untuk bermain di series bergenre romantis, Xing Zhaolin mengungkapkan keinginannya untuk bermain di genre yang berbeda. Salah satu genre yang ingin sekali ia coba adalah series bergenre sci-fi, di mana dirinya bisa melakukan perjalanan waktu ke masa depan atau bahkan menjadi seorang robot.

“Aku pengen sih mencoba untuk memerankan karakter-karakter yang lain, yang berbeda dengan yang sekarang, yang sekarang kan aku lebih banyak romantis, nah aku pengen coba kayak tema-tema lain kayak sci-fi ataupun time travel nah aku tuh pengen coba siapa tau nanti aku akan bermain di serial yang time travel, atau time travel yang menuju future atau bahkan jadi robot karena siapa yang tahu gitu ya ke depannya aku akan berperan seperti apa,” beberkan.

Anggap Penggemar Sebagai Motivasi

Xing Zhaolin (Foto: Anto, DI: Raga/VOI)

Xing Zhaolin mengakui bahwa kehadirannya di Indonesia merupakan untuk yang pertama kalinya. Meski begitu, ia mengatakan sudah pernah mendengar mengenai Indonesia, bahkan ia mengetahui mengenai salah satu gunung berapi di Indonesia yang menurutnya sangat indah. Ia mengungkapkan keinginannya untuk tinggal lebih lama di Indonesia agar bisa melihat Indonesia jauh lebih dalam.

“Aku pernah mendengar Indonesia, aku juga suka scroll-scroll instagram Indonesia ada satu gunung berapi yang bagus banget. Soalnya aku kayak kalau di gunung berapi itu kayaknya di luar angkasa yang bagus banget, dan ada danau yang ada bagus banget. Dan katanya kalau di malam hari kata orang kalau melihat kayak mungkin kalau kamu melihat ini kayak bakal ada keajaiban gitu lho di hidupmu, jadi aku pengen banget ke sana, tapi sampai sekarang karena jauh kan Indonesia dari Tiongkok jadi belum sempat ke sini,” tutur Xing Zhaolin.

Meski saat itu Xing Zhaolin belum sampai 24 jam di Indonesia, namun ia sempat mencoba beberapa makanan khas Indonesia. Seperti tongseng kambing dan emping yang memang disediakan oleh rumah makan di tempatnya menginap. Ia mengatakan bahwa makanan itu sangat enak sekali.

“Jadi sebenarnya aku sampai di Indonesia belum sampai 24 jam cuma aku sudah ada mencoba beberapa, kemarin malam aku baru sampai, jadi aku ada makan, aku mendeskripsikannya kayak daging kambing yang dimasak dengan bumbu Indonesia tertentu (tongseng kambing). Nah, terus ada juga, kayak mirip kerupuk kentang, tapi bukan kentang (emping), terus aku sambil makan emping dicolek ke bumbu tongseng kambing itu, enak banget dan garing banget,” pungkasnya.

Xing Zhaolin (Foto: Anto, DI: Raga/VOI)

“Terus sama ada kayak di samping nasi itu ada kecap, aku pikir sama kayak kecap Tiongkok tapi ternyata berbeda ya, dan rasanya enak dan aku juga tadi siang baru makan bakmi tapi rasanya mirip sama tomyam nya Thailand, nah aku juga suka, enak gitu,” sambungnya.

Sebelum datang ke Indonesia, Xing Zhaolin sempat bertemu berkunjung ke Korea, secara tak sengaja ia bertemu dengan salah satu penggemarnya dari Indonesia yang secara detail memberikan daftar makanan hingga tempat yang harus ia kunjungi ketika datang ke Indonesia.

“Nah terus aku juga pas aku ke Korea, aku ketemu sama satu fans Indonesia nah fans Indonesia itu sekeluarga jalan-jalan ke Korea terus kenalin aku, terus aku langsung disapa sangat ramah dan sopan gitu lho, dan kenalin aku kayak ke tempat ini itu, kenalin makan ini itu, kalau ke Indonesia harus makan ini itu ya, jadi kayak aku sampai sekarang masih ingat mau ke mana saja, karena aku hobi makan orangnya,” seloroh Xing Zhaolin.

Melihat hal ini, pria kelahiran Zhengzhou, Tiongkok ini merasa bahwa penggemar Indonesia sangat baik kepadanya. Bahkan ketika tiba di Bandara Soekarno-Hatta saat itu, ia tidak menyangka banyak penggemar yang menyambutnya dengan sangat meriah. Tak heran ia mengakui sangat menyukai negara Indonesia.

“Aku juga suka merasa orang-orang di Indonesia ini baik-baik sama aku, sama kayak kemarin menghantar aku makanan, siapa yang ketemu di bandara, kayak semuanya ramah dan baik, jadi kayak aku jadi pengen coba makanan yang lain juga sih. Suka banget dengan Indonesia,” terangnya.

Bagi Xing Zhaolin penggemar bukan hanya sebagai sekumpulan orang yang mengagumi dirinya saja, namun menurutnya penggemar juga sebagai sebuah motivasi terbaik baginya dalam berkarya. Karena rasa cintanya itu, Xing Zhaolin sampai mengunggah instagram demi bisa berinteraksi lebih dekat lagi dengan para penggemar khususnya yang ada di Indonesia.

Xing Zhaolin (Foto: Anto, DI: Raga/VOI)

“Aku kan bertemu banyak fans, aku kayak nggak nyangka kalau fansku sangat antusias menyambut aku, dan aku biasanya di Tiongkok pakai weibo, nggak pakai instagram, aku lagi coba juga buat eksplor instagram, kayak cara pakainya gimana, nge-posting, dan aku juga mikirin caption, pengen menuliskan dalam bahasa Indonesia kayak, ‘gimana ya supaya aku bisa menyampaikan rasa terima kasihku kepada fans kemarin?’, makanya kemarin aku kayak ngecek-ngecek gitu translate akhirnya aku pakai caption terima kasih, dan aku posting kemarin kita foto bareng dan itu kayak pengen kayak menyampaikan rasa terimakasih aku,” imbuhnya.

“Dan fans menurut aku juga sebagai motivasi aku dalam berkarir dan aku juga pengen, aku bisa tetap menjaga postur tubuh, mengurangi makanan, supaya bisa tetap terlihat baik di depan fans,” kata Xing Zhaolin.

Pada akhir wawancara, Xing Zhaolin mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada penggemar Indonesia yang sudah memberikan ia banyak sekali hadiah, memberikan rekomendasi tempat untuk berjalan-jalan, hingga menu makanan yang wajib dicoba olehnya. Ia juga berharap agar kedepannya bisa lebih lama lagi tinggal di Indonesia.

“Jadi aku sangat berterimakasih kepada fans Indonesia dari kemarin banyak yang kasih aku kayak hadiah makanan dan kasih tahu tips-tips travel ke mana, makan apa, sangat detail dan makanannya satu macam satu, jadi kayak aku sangat terharu dengan fans Indonesia Karena ada keterbatasan durasi kerja, aku cuma bisa di Indonesia 3 hari jadi ke depannya harapannya bakal lebih sering ke Indonesia untuk bertemu dengan fans di Indonesia,” tutup Xing Zhaolin.