Hasil Penelitian Sebut Pasangan yang Sering Membahas Keuangan Terbukti Lebih Bahagia
Ilustrasi (Vera Arsic/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Uang tidak bisa membelikan Anda cinta. Tetapi uang bisa menjadi penghalang antara Anda dan pasangan jika tidak membicarakannya secara terbuka.

Menurut jajak pendapat terhadap lebih dari 1.300 orang Amerika, dilansir dari Medical Express, Selasa, 28 November, pasangan yang rutin membahas keuangan, setidaknya sekali seminggu, terbukti lebih bahagia dalam hubungan dibandingkan mereka yang jarang membicarakan keuangan.

Di sisi lain, uang merupakan sumber konflik bagi hampir sepertiga pasangan dan terlebih lagi pada saat-saat penuh tekanan. dan ketidakpastian mengenai keuangan dapat menambah tekanan tersebut.

Penelitian tambahan dari North Carolina State University menunjukkan bahwa bekerja sebagai tim dan melek finansial dapat membantu. 

Anda bisa meningkatkan literasi keuangan melalui:

  • Pertimbangkan untuk berbicara dengan penasihat keuangan.
  • Petakan keuangan keluarga dan buatlah rencana untuk mengelola pengeluaran saat ini dan menabung untuk masa depan.
  • Ikuti perkembangan berita terkini dari organisasi keuangan terkemuka.

Namun bagaimana bisa memulainya jika Anda cenderung menghindari topik tersebut? Luangkan waktu yang tepat untuk Anda, bukan saat Anda merasa terburu-buru, marah, atau lelah. Bicarakan tentang keuangan secara umum, lalu tentang hal-hal maupun rencana-rencana besar apapun yang direncanakan di masa depan yang berkaitan dengan keuangan.

Pasangan jarang sekali bertatap muka dalam memecahkan setiap permasalahan, namun jangan menghindari diskusi karena takut berbeda pendapat. Lebih baik menyelesaikan kekhawatiran akan uang daripada menyembunyikannya atau berbohong tentang hal itu dan kemudian harus menghadapi konsekuensinya.

Jika Anda tidak belajar tentang keuangan saat tumbuh dewasa, Anda mungkin akan kesulitan mengatasi apa yang dianggap sebagai topik tabu. Namun pembicaraan finansial baik untuk keuntungan diri pribadi dan hubungan Anda.