Menurut Dokter Kulit, Begini Cara Mengobati Kuku Kaki Tumbuh ke Dalam di Rumah
Ilustrasi cara mengobati kuku kaki tumbuh ke dalam di rumah (Freepik/Racool_studio)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Menggunakan sepatu yang terlalu ketat dan kerja kaki yang kasar, bisa menyebabkan kuku kaki tumbuh ke dalam. Meskipun banyak penyebab lainnya, kondisi ini tidak nyaman. Saat dipakai beraktivitas akan terasa mengganjal bahkan menyakitkan.

Kuku kaki tumbuh ke dalam, atau disebut onychocryptosis, terjadi ketika sebagian kuku tumbuh ke dalam kulit sekitarnya, menurut dokter kulit bersertifikat Brendan Camp, MD.. Dokter kulit bersertifikat Kseniya Kobets, MD. menambahkan, kondisi ini bisa disebabkan banyak faktor. Tetapi karena pangkal kuku menusuk kulit, bisa menyebabkan peradangan di area tersebut.

Pada umumnya, gejala kuku kaki yang tumbuh ke dalam meliputi kemerahan, bengkak, dan nyeri pada kulit sekitar kuku. Kuku kaki yang tumbuh ke dalam juga berkemungkinan memicu infeksi karena terjadi penumpukan nanah di bawah kulit. Untuk kasus yang ini, pasien harus mendapatkan perhatian secara medis.

cara mengobati kuku kaki tumbuh ke dalam di rumah
Ilustrasi cara mengobati kuku kaki tumbuh ke dalam di rumah (Freepik/fabrikasimf)

Pengobatan kuku kaki yang tumbuh ke dalam, bisa dilakukan di rumah. Kobets merekomendasikan untuk tidak memakai sepatu ketat karena bisa memperburuk rasa sakit dan menghambat proses penyembuhan. Pengobatan topikal juga disarankan oleh dokter Camp. Dilansir Byrdie, Minggu, 26 November, merekomendasikan merendak kuku dengan campuran cuka putih dan air. Cuka putih bersifat anti bakteri, ini membantu meminimalisir potensi infeksi.

Salep anti bakteri juga bisa dipakai obat topikal. Dokter Kobets menyarankan bacitracin, salep untuk mencegah dan mengobati infeksi. Tetapi penting memperhatikan efek setelahnya. Kalau kulit kemerahan setelah mengoleskan salep tersebut, bisa karena dermatitis kontak. Saat mengalaminya, segeralah menemui dokter kulit.

Selain itu, Camp merekomendasikan untuk meninggikan kaki yang terkena untuk meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi pembengkakan, dan mengurangi rasa sakit. Misalnya dengan meletakkan bantal di bawah kaki saat tidur malam.

“Kuku kaki yang tumbuh ke dalam tidak selalu hilang dengan sendirinya, tergantung tingkat keparahannya,” kata Dr. Koberts.

Dengan pengobatan di rumah, mungkin gejala akan membaik dalam satu atau dua minggu. Namun kemungkinan gejala akan terus berlanjut seiring dengan pertumbuhan kuku kaki. Apabila cara mengobati kuku kaki tumbuh ke dalam di rumah tak lagi efektif. Untuk itu, penting untuk mencari bantuan dokter dan ditangani secara medis.