Kerap Dioperasi, Begini 5 Cara Alami Mengobati Kuku Cantengan
Ilustrasi Cantengan Kuku Tangan (Zlikovec/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Cantengan atau paronychia adalah suatu kondisi yang terjadi akibat adanya peradangan di kuku ibu jari kaki atau tangan. Melansir Healthline, Selasa, 16 Februari cantengan bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti memotong kuku terlalu pendek, kondisi tangan atau kaki terlalu lembab, kebiasaan mengemut jari, kurang menjaga kebersihan kuku, kuku tumbuh ke dalam, mengenakan sepatu terlalu kecil, hingga ukuran kuku terlalu tebal. 

Cantengan bisa dialami siapa saja, tapi yang paling berisiko terkena cantengan adalah mereka yang berusia di atas 50 tahun atau keturunan. Cantengan turunan sebenarnya lebih disebabkan karena struktur kuku yang tumbuh masuk ke dalam.

Dilansir dari Medical News Today, gejala cantengan diawali dengan timbulnya rasa nyeri dan warna merah di kulit sekitar kuku. Apabila dibiarkan, jari akan membengkak dan mengeluarkan nanah beraroma tidak sedap. Parahnya lagi, kuku bisa saja terlepas dari jari apabila infeksi sudah meradang.

Sebelum kondisi cantengan jadi lebih buruk, maka VOI punya cara mengobati cantengan secara alami. Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Meletakkan gulungan kapas di kuku

Cara mengobati cantengan kuku dapat dilakukan dengan meletakkan gulungan kapas di area kuku cantengan. Tujuannya untuk membantu memudahkan proses menggunting kuku yang masuk ke dalam daging sehingga infeksi dan peradangan dapat berkurang. 

Sangat disarankan untuk merendam kapas ke dalam cairan antiseptik sebelum digunakan. Cairan antiseptik berfungsi melawan sarang bakteri dan kuman di area cantengan. Jangan lupa mengganti kapas secara berkala agar bakteri tetap bisa dilawan oleh kapas antiseptik baru.

Balutkan kasa dengan tetesan minyak tea tree

Minyak tea tree sangat populer dengan kandungan flavonoid yang berfungsi sebagai antiinflamasi, antiseptik, dan antibakteri. Untuk mengobati cantengan, Anda bisa menuangkan beberapa tetes minyak tea tree ke kasa lalu tempelkan di area jari cantengan.

Setelah didiamkan beberapa saat, Anda mungkin akan mencium bau kurang sedap dari area tersebut. Bau ini menandakan kalau tea tree sedang bekerja melawan infeksi.

Balur dengan kunyit

Kunyit juga mempunyai manfaat mengurangi inflamasi dan meredakan nyeri karena peradangan. Anda dapat memarut satu buah kunyit lalu hangatkan hasil parutan tersebut. Selanjutnya, balurkan ke bagian jari yang terkena cantengan. Sebelum dibalur, pastikan jari dalam keadaan bersih dan kering.

Rendam air garam

Air rendaman garam paling sering dijadikan alternatif cara mengobati cantengan. Anda hanya perlu menyiapkan air hangat yang sudah dicampur dengan air garam inggris atau garam epsom. Dilanjutkan dengan merendam bagian jari cantengan ke dalam larutan garam sekitar 15 hingga 20 menit. Cara ini dapat mengurangi rasa sakit serta mengatasi peradangan di jari cantengan.

Rendam cuka apel

Tidak hanya air garam, cuka apel pun bisa digunakan untuk mengobati cantengan. Cuka apel juga berfungsi sebagai antiseptik dan antiinflamasi. Itu sebabnya, cuka apel pun dipakai untuk mengobati jerawat meradang.

Anda hanya perlu menyiapkan sebuah wadah berisi air hangat. Kemudian, campurkan ¼ cup cuka apel. Rendam bagian jari cantengan sehari sekali selama 20 menit. Ulangi cara ini hingga cantengan mereda.