Jenis Makanan yang Berakibat Buruk untuk Sistem Kekebalan Tubuh
Ilustrasi makanan mengandung gula (Unsplash-Alice Pasqual)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tahukah Anda bahwa sistem imun untuk kekebalan tubuh bisa menurun karena mengonsumsi makanan tertentu. Saat makanan yang buruk untuk sistem kekebalan tubuh dikonsumsi secara berlebihan, Anda akan mengalami gejala seperti tidak enak badan atau gangguan kesehatan lainnya.

Menghindari makanan yang dapat mengganggu imun penting dilakukan agar kesehatan tetap terjaga, khususnya di cuaca seperti ini. Lalu apa saja makanan tersebut?

Makanan yang Buruk Untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Ada beberapa kriteria makanan yang mampu melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga perlawanan imun terhadap bakteri dan virus makin melemah. Jenis makanan yang memicu lemahnya imun adalah sebagai berikut.

  1. Makanan yang Mengandung Gula Tinggi

Mengonsumsi makanan dengan kandungan gula tinggi ternyata dapat melemahkan imun. Hal itu terjadi karena gula berpengaruh pada tingkat efektivitas perlawanan sel darah putih terhadap virus dan bakteri. Selain itu makanan tinggi gula juga dapat memicu radang. Contoh makanan tinggi gula penyebab kekebalan tubuh menurun adalah kue, permen, biskuit, dan sebagainya.

  1. Makanan yang Mengandung Garam Tinggi

Saat Anda mengonsumsi makanan tinggi kadar garam akan memicu peradangan hingga memperbesar risiko penyakit autoimun. Selain itu garam tinggi dalam tubuh akan menghambat fungsi kekebalan tubuh hingga menekan respon tubuh terhadap antiinflamasi. Oleh karena itu Anda diharuskan tidak mengonsumsi garam terlalu berlebihan agar kekebalan tubuh tetap terjaga dengan baik.

  1. Gorengan

Makanan yang digoreng juga berpotensi besar melemahkan imun tubuh. Kondisi itu makin parah jika konsumsi makanan yang digoreng tidak dibatasi. Pasalnya makanan yang digoreng memicu radang dan rusaknya sel tubuh. Beberapa makanan yang mempercepat radang adalah kentang goreng, ayam, dan sebagainya.

  1. Fast Food

Tidak semua yang cepat itu baik, termasuk makanan cepat saji atau fast food. Makanan jenis ini ternyata mampu mengganggu imun tubuh jika terlalu sering dikonsumsi. Makanan cepat saji tidak hanya memicu peradangan dalam tubuh namun juga membuat bakteri di usus jadi tidak seimbang. Kondisi itu tentu memicu penurunan pada kekebalan tubuh.

  1. Makanan Instan

Selain fast food, makanan instan juga ikut andil dalam penurunan kekebalan tubuh. Makanan yang dimaksud seperti mi instan, makanan kaleng bernatrium tinggi, hingga makanan instan lain yang mengandung pengawet. Bahkan makanan kaleng dinilai cukup berbahaya karena kandungan Bisphenol A (BPA) yang ada pada kemasan alumunium yang berpotensi larut dalam makanan hingga memicu penurunan kekebalan tubuh. Anda boleh mengonsumsi makanan instan namun tentu dengan berbagai batasan tertentu.

  1. Makanan yang Kurang Matang Saat Diolah

Saat memasak bahan makanan disarankan untuk melakukannya hingga matang sempurna. Pasalnya, makanan yang dimasak kurang matang berpotensi memicu penurunan sistem kekebalan tubuh.

Itulah informasi terkait makanan yang buruk untuk sistem kekebalan tubuh. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.