9 Teknik Memasak Steak Lezat, Coba Lakukan di Rumah
Teknik memasak steak (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Steak merupakan makanan olahan daging yang digemari oleh banyak orang. Saat ini banyak restoran steak yang bisa Anda datangi untuk menyantap makanan lezat ini. Namun jika ingin menikmati setiap saat di rumah, Anda juga bisa mempelajari teknik memasak steak. 

Selain menyuguhkan rasa yang lezat, steak juga kaya akan protein sehingga baik untuk dikonsumsi. Saat proses pengolahannya, lemak pada daging juga akan menguap saat dipanggang. Dalam teknik memasak steak, disarankan untuk mendinginkan daging terlebih dulu sekitar 20 hingga 30 menit pada suhu kamar. 

Untuk menghasilkan steak yang delicious tanpa mengurangi kualitas daging, cara memasaknya pun harus tepat. Lantas bagaimana teknik memasak steak yang benar untuk Anda praktikkan di rumah?

Macam-Macam Teknik Memasak Steak

Tanpa harus repot-repot datang ke restoran, Anda bisa membuat steak sendiri di rumah dengan berbagai bumbu pilihan. Berikut ini beberapa teknik memasak steak yang bisa Anda coba:

Pan Fry

Salah satu teknik memasak steak yang sangat mudah dilakukan adalah pan fry. Teknik yang satu ini lebih praktis daripada menggunakan pemanggangan steak. Dalam menerapkan teknik ini, Anda tinggal meletakkan daging steak yang sudah dibumbui di atas wajan panas dan kemudian memanggangnya hingga matang.

Afterburner

Afterburner juga menjadi teknik memasak steak yang simpel dan mudah untuk dilakukan. Untuk memasak steak dengan teknik ini, Anda tinggal menaruh arang di atas panggangan. Lalu letakkan steak di atas pemanggang untuk dipanaskan hingga daging menghitamkan.

Langsung Dibakar

Teknik memasak ini sangatlah mudah karena Anda hanya perlu memanaskan steak langsung di atas arang tanpa menggunakan alat pemanggang. Sebelum memanggang steak, bumbui terlebih dahulu dagingnya dengan garam. Kemudian biarkan daging terasapi atau panas selama sepuluh menit untuk mendapatkan rasa yang lebih enak.

Dipanggang Biasa

Teknik memasak steak ini merupakan cara umum yang lebih sederhana daripada langsung membakarnya. Anda bisa menggunakan alat pemanggang, tetapi perhatikan agar proses pemanasan daging jangan terlalu gosong. Bumbu yang digunakan untuk penyedap rasanya bisa berupa garam, merica, atau berbagai jenis minyak sesuai selera.

Reserve Search

Reserve search merupakan teknik memasak steak dengan memanggangnya selama satu jam pada suhu 275 derajat Fahrenheit. Sebelum menumpangkannya di alat pemanggang yang sangat panas, bungkus daging dengan aluminium foil dan diamkan selama sepuluh menit. Cara ini akan membuat steak lebih lezat dan juicy saat sudah matang.

Slow Cooked Steak

Sesuai dengan namanya, teknik memasak steak ini dilakukan secara perlahan dengan menghitamkan permukaan luar daging. Kemudian daging dimasak dalam oven selama 24 jam pada suhu 122 derajat Fahrenheit. Setelah itu, panggang daging di atas penggorengan hingga matang.

Sous Vide

Teknik ini dilakukan dengan memasak daging steak bersama bumbu dalam wadah tertutup. Tujuannya supaya bumbu bisa meresap sempurna pada daging, sehingga rasanya pun lebih lezat dan sedap ketika sudah matang. Kemudian masak daging tersebut dalam air dengan api kecil, lalu panggang hingga matang.

Coal Roasted Steak Mummy

Anda juga bisa memasak dengan teknik coal roasted steak mummy. Teknik ini dilakukan dengan membungkus daging memakai kain katun yang sudah diberi garam dan oregano. Kemudian ikat rapat kain tersebut sebelum memanggangnya di atas arang hingga matang.

Steak Tartar

Teknik steak tartare sangatlah simpel dan cukup berbeda karena tidak memerlukan proses memasak sama sekali. Anda hanya perlu menambahkan bumbu seperti garam, kuning telur,  merica bubuk, atau perasan lemon. Cara menyajikan steak ini cocok bagi Anda yang menyukai hidangan mentah.

Demikianlah beberapa teknik memasak steak yang bisa Anda lakukan di rumah untuk menyantap makanan kesukaan ini setiap saat. Anda bisa menerapkan cara memasak steak yang sesuai dengan keinginan atau selera makan Anda. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.