Mengenal 4 Manfaat Glutathione, Bahan Skincare yang Punya Fungsi Menangkal Radikal Bebas 
Ilustrasi (Yan Krukau/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Glutathione seringkali dijadikan sebagai bahan produk perawatan kulit. Glutathione adalah suatu jenis antioksidan yang dapat diproduksi secara alami oleh tubuh. Glutathione dapat berperan dalam melawan radikal bebas penyebab kerusakan sel tubuh dan memiliki efek antimelanogenesis yang mana bahan ini mampu menghambat pembentukan pigmen melanin.

Glutathione terbentuk dari tiga asam amino, yakni sistein, glisin, dan glutamine. Jenis antioksidan ini diproduksi oleh tubuh di dalam organ hati. Namun kandungan glutathione juga bisa diperoleh dari suplemen, suntikan, krim, serta inhalasi.

Berikut adalah beberapa manfaat glutathione dilansir dari Indian Express, Jumat, 20 Oktober.

Sebagai Antioksidan

Kandungan antioksidan dalam glutathione cukup besar. Dengan antioksidan ini, glutathione dapat membantu menetralkan radikal bebas yang terbentuk akibat paparan radiasi sinar ultraviolet dan polutan dari lingkungan yang intens.

Mengurangi pigmentasi

Glutathione terkenal dengan sifat depigmentasinya (perawatan yang bertujuan mengoreksi hiperpigmentasi). Dengan menghambat aktivitas tirosinase, glutathione mampu meningkatkan kecerahan kulit dan meratakan warna kulit.

Ini juga mengubah eumelanin menjadi pheomelanin, sehingga mengatur melanogenesis (proses produksi melanin) dan memudarkan bintik hitam serta mengurangi hiperpigmentasi.

Mendukung elastisitas kulit

Glutathione juga telah terbukti mampu meningkatkan cadangan kolagen dan elastin dalam tubuh. Ini membantu memberikan kekencangan dan kekenyalan pada kulit. Ini juga memperbaiki tampilan garis-garis halus, kerutan, dan menghaluskan kulit.

Kandungan anti inflamasi

Glutathione menunjukkan sifat anti-inflamasi dan dengan demikian mengurangi tingkat mediator pro-inflamasi. Hal ini sangat bermanfaat dalam membantu mengurangi jerawat, hiperpigmentasi pasca inflamasi, dan melasma.

Pakar dietician di rumah sakit Primus Super Speciality, New Delhi mengatakan bahwa suplemen glutathione umumnya dianggap aman bila dikonsumsi sesuai petunjuk. Namun, beberapa orang mungkin mengalami efek samping ringan seperti sakit perut atau reaksi alergi.

Perhatikan jumlah dosis glutathione, sebab penggunaan dosis tinggi dalam jangka panjang dapat menyebabkan penurunan produksi glutathione alami. Seperti halnya suplemen apa pun, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum mengonsumsi suplemen glutathione.