Bagikan:

JAKARTA - Dengan suasana kosmopolitan yang khas, Wina tetap mempertahankan pesona dan keistimewaannya. Hal ini sangat ditonjolkan melalui arsitektur bangunan lamanya yang bagus, taksi kuda yang terkenal atau dikenal sebagai Fiakers, serta kedai kopinya yang indah dengan sajian kue kering khas negara tersebut.

Baik menghabiskan waktu lama atau singkat untuk berlibur, Anda akan memiliki banyak pilihan aktivitas menyenangkan di kota elegan ini. Pertimbangkan untuk lakukan perjalanan sehari untuk menjelajahi lingkungan sekitar yang indah dan kota-kota terdekat. Dan berikut daftar tempat wisata di Wina, Austria dan hal apa saja yang dapat dilakukan di sana. 

Schönbrunn Palace

Schönbrunn Palace (Schloss Schönbrunn) yang spektakuler dan dibangun pada abad ke-18 patut dikunjungi tidak hanya karena arsitekturnya yang megah, tapi juga karena pemandangan tamannya yang indah. Menjadi salah satu tempat wisata utama di Wina, istana ini memiliki lebih dari 1.441 kamar dan apartemen, termasuk yang pernah digunakan oleh Permaisuri Maria Theresa.

Anda bisa berkesempatan melihat kamar tidur Kaisar Franz Joseph I dan tempat tidur prajurit kecilnya tempat dia meninggal. Dari kamar-kamar Permaisuri Maria Theresa, yang paling menarik dikunjungi yaitu ruang perabotan mewahnya, serta ruang sarapan yang dihiasi karya seni bunga buatan tangan putrinya.

Museum Kunsthistorisches dan Maria Theresien Platz

Dilansir dari Planet Ware, Jumat, 13 Oktober, Museum Kunsthistorisches Wina (Museum Kunsthistorisches Wien) bertempat di sebuah bangunan megah yang dibuat khusus untuk memamerkan koleksi seni dari keluarga kerajaan Habsburg. Koleksi seni Belanda menampilkan koleksi karya Pieter Bruegel the Elder terbesar di dunia, termasuk mahakaryanya Tower of Babel.

Ada juga lukisan karya Raphael, Titian, Bellini, Caravaggio, dan Vermeer, ditambah potret karya Velazquez. Meskipun spesialisasi museum ini adalah lukisan Renaisans, Barok, dan Flemish Italia akhir, koleksinya jauh melampaui koleksi seni klasik Yunani dan Romawi serta artefak Mesir.

Museum ini menghadap ke Maria-Theresien-Platz, yang titik fokusnya adalah monumen megah Permaisuri Maria Theresa. Patung ini dipesan oleh Franz Joseph I dan diresmikan pada tahun 1887. Monumen besar ini menggambarkan Permaisuri di singgasananya sambil dikelilingi oleh tokoh-tokoh penting pada zamannya. Termasuk sejumlah jenderal yang menunggang kuda. Relief tinggi tersebut menggambarkan tokoh-tokoh terkemuka dari bidang politik, ekonomi, dan seni, termasuk Haydn, Gluck, dan Mozart.

Vienna State Opera House

Salah satu teater terbesar dan terindah di dunia, Vienna State Opera House (Wiener Staatsoper) telah menjadi tuan rumah bagi banyak komposer, konduktor, solois, dan penari paling terkemuka di dunia. Pertunjukan opera dan balet dipentaskan setidaknya 300 kali setahun, didorong oleh obsesi terhadap musik sejak tahun 1625 ketika Opera Istana Wina pertama kali dipentaskan.

Gedung Opera ini dibangun pada tahun 1869 dan terkenal karena gaya Renaisans Awal Perancis, sedangkan highlight interiornya mencakup tangga besar menuju ke lantai pertama, Schwind Foyer (dinamai berdasarkan lukisan adegan opera terkenal), dan ruang minum teh yang mewah dengan dengan permadaninya yang mengagumkan.

Museum of Natural History (Naturhistorisches Museum)

Terkenal karena Aula Dinosaurusnya yang besar dan pameran meteorit terbesar di dunia (termasuk meteorit Tissint dari Mars yang jatuh di Maroko pada tahun 2011), Museum Sejarah Alam Wina (Naturhistorisches Museum Wien) adalah tempat yang menarik untuk dikunjungi. 39 ruang pamerannya menelusuri subjek-subjek seperti asal usul dan perkembangan manusia serta evolusi budaya manusia dari zaman prasejarah.

Salah satu harta karunnya yang paling langka adalah Venus of Willendorf, sebuah patung tembikar yang berasal dari abad 28.000 dan 25.000 SM. Fitur terbaru museum ini adalah Planetarium Digital dengan proyeksi kubah penuh. Bangunan ini dibuka pada tahun 1889 dan merupakan sebuah karya seni, terutama lukisan langit-langit megah di atas tangga utama.

Famous Demel: Vienna's Ultimate Café

Didirikan pada tahun 1786, Famous Demel terkenal bukan hanya karena kafe dan toko roti tertua di Wina, tapi mungkin juga merupakan tempat yang dapat memberi pengalaman kuliner paling berkesan pada pengunjung di kota yang indah ini. Secara resmi dikenal sebagai Hofzuckerbäckerei Demel kafe istimewa ini menyajikan hidangan dan kue buatan tangan sesuai resep tradisional yang berabad-abad usianya.

Beberapa dari suguhan lezat ini pernah digunakan untuk memuaskan cita rasa lidah Kaisar Franz Joseph I yang diam-diam menyajikan kue Demel dan praline saat tête-à-têtes bersama kekasihnya.