Bagikan:

JAKARTA - Celana cargo merupakan salah satu jenis celana panjang yang punya ciri khas banyak saku di sisi kaki serta ukuran longgar dan nyaman. Celana ini awalnya dirancang untuk para tentara militer tetapi kemudian jadi populer dalam konteks kasual dan mode juga. 

Celana cargo awalnya dirancang dengan banyak saku karena alasan praktis dan fungsional, khususnya di lingkungan militer dan orang yang banyak bekerja di luar ruangan. Banyaknya saku dimaksudkan untuk memberikan kenyamanan bagi pemakainya dalam menyimpan berbagai barang dan peralatan yang mungkin diperlukan selama beraktivitas. 

Berikut beberapa alasan mengapa celana cargo memiliki banyak saku, disadur dari Times of India, Rabu, 4 Oktober.

Kegunaan dan Fungsi

Celana kargo pertama kali dikembangkan untuk personel militer dan penggemar aktivitas luar ruangan yang perlu membawa berbagai barang dengan tetap menjaga mobilitas. Saku ekstra memungkinkan akses mudah ke peralatan, peta, perangkat komunikasi, dan perlengkapan penting lainnya tanpa memerlukan tas atau saku tambahan.

Akses Cepat

Berbagai saku pada celana kargo ditempatkan secara strategis untuk memungkinkan akses cepat ke item tertentu. Hal ini sangat penting terutama dalam situasi di mana akses langsung terhadap alat atau perlengkapan menjadi sangat penting. 

Kenyamanan Bebas Genggam

Dengan meletakkan barang ke beberapa saku, celana cargo memungkinkan tangan pemakainya bebas untuk melakukan tugas lain. Hal ini sangat berguna dalam situasi di mana ketangkasan manual diperlukan.

Serbaguna

Saku yang berbeda dapat menampung berbagai jenis barang, sehingga meningkatkan keserbagunaan celana cargo. Misalnya, saku lebih besar cocok untuk membawa perkakas atau perlengkapan lebih besar. Sedangkan saku lebih kecil dapat menampung barang-barang lebih kecil seperti pulpen, kompas, atau makanan ringan.

Organisasi

Banyaknya saku memungkinkan pengorganisasian barang dengan lebih baik. Hal ini khususnya dapat membantu dalam aktivitas di luar ruangan, karena menjaga keteraturan dapat berkontribusi pada efisiensi dan keamanan.

Kemampuan Beradaptasi

Desain celana cargo telah berkembang seiring berjalannya waktu untuk disesuaikan dengan berbagai konteks. Meskipun awalnya dirancang untuk penggunaan militer, namun kini telah diadaptasi untuk penggunaan mode. Banyaknya saku memberikan ruang penyimpanan praktis untuk barang sehari-hari.

Estetika dan Gaya

Saat ini celana cargo juga menjadi tren fashion. Banyaknya saku dapat menambah estetika unik dan bermanfaat pada celana, sehingga berkontribusi pada gaya khasnya. Penting dicatat bahwa meskipun tujuan awal celana cargo berakar pada fungsionalitas, popularitasnya dalam mode telah menyebabkan variasi yang mengutamakan gaya daripada kegunaan. Sehingga, beberapa celana kargo saat ini memiliki saku dekoratif yang lebih berfungsi sebagai tujuan estetika daripada sebagai tempat penyimpanan praktis.

Celana cargo bisa dipadu padankan tergantung gaya. Celana ini bisa dikenakan dengan T-shirt, kaus, dan sepatu kets untuk tampilan kasual. Atau dapat dipadukan dengan atasan dan sepatu yang lebih rapi untuk tampilan yang sedikit lebih klimis.