Bentara Budaya Art Gallery Dibuka, Jadi Ruang Berkarya untuk Seniman dan Masyarakat
Bentara Budaya Art Gallery (Kompas Gramedia)

Bagikan:

JAKARTA - Bentara Budaya mengembangkan Art Gallery di usianya yang ke-41 tahun. Galeri ini menjadi pengembangan dari lembaga kebudayaan sebagai wadah pameran dan pentas seni budaya di Nusantara.

Bentara Budaya Art Gallery resmi dibuka pada hari ini, Selasa, 26 September 2023. Peresmian ditandai dengan pengguntingan rangkaian bunga melati oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Deputi Bidang Ekonomi Digital Produk Kreatif Kemenparekraf Muhammad Neil El Himam, dan Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Setpres Rika Kiswardani.

“Secara resmi hari ini Bentara Budaya Art Gallery dibuka agar dapat dinikmati oleh masyarakat, khususnya pencinta lukisan. Semoga galeri ini mampu menjadi ruang bagi para seniman untuk berbagi inspirasi,” kata Heru Budi Hartono.

“Bentara akan terus menyokong seni yang berakar kuat pada tradisi Nusantara sekaligus kreasi kontemporer yang tren pada masa kini,” kata Ilham Khoiri sebagai pihak General Manager Bentara Budaya.

Bentara Budaya Art Gallery juga diharapkan bisa menjadi destinasi wisata di Jakarta bagi para wisatawan yang menggemari kesenian.

Masih dalam rangkaian HUT ke-41, Bentara Budaya Art Gallery menampilkan pameran koleksi seni Bentara dengan tajuk “Manusia Indonesia dalam Lukisan Koleksi Bentara Budaya”. Karya itu terdiri dari 37 lukisan, belasan wayang (kulit, kayu, dan rumput), patung modern, serta keramik.

Dalam bentuk lukisan, koleksi itu antara lain mencakup karya seniman dari era 1930-an sampai tahun 2000-an, seperti Affandi, Hendra Gunawan, S Sudjojono, Dullah, Agus Djaja, Nasirun, dan Budi Ubrux.

37 lukisan yang ada di Bentara Budaya dikurasi oleh Frans Sartono yang mengambil tema manusia Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.

Bentara Budaya Art Gallery dibuka untuk umum mulai hari ini, Selasa, 26 September. Pengunjung bisa melakukan reservasi sebelum melakukan kunjungan ke Bentara Budaya.