6 Tips Menenangkan Bayi yang Menangis dan Tantrum
Ilustrasi (Antoni Shkraba/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Salah satu hal menyedihkan menjadi Ibu adalah saat melihat anak menangis. Terlebih lagi, jika Anda tidak tahu mengapa dia menangis dan semua usaha menenangkannya tidak berhasil. Jangan lekas berputus asa ya, jika Anda dihadapkan dengan situasi ini. Coba lakukan hal-hal berikut untuk menenangkan si kecil.

Ditimang

Bayi menyukai gerakan karena mengingatkan dia pada gerakan mengayun yang biasa dilakukan saat masih dalam kandungan. Jadi menimang atau mengajak bayi berjalan-jalan adalah tips terbaik menenangkan bayi yang menangis. Mendengarkan beberapa alunan musik

Beri makan

Bayi yang baru lahir memiliki frekuensi waktu makan lebih sering sebab ukuran perutnya baru sebesar kepalan tangannya. Untuk itu, perut anak perlu sering diisi. Jika bayi Anda mengalami lonjakan pertumbuhan, dia mungkin ingin makan lebih sering dari biasanya. Ini merupakan hal normal dan biasanya memberi makan bayi bisa membuatnya berhenti menangis.

Bawa bayi keluar

Perubahan suasana apapun dapat membantu mendiamkan bayi saat rewel. Dilansir dari Very Well Family, Senin, 25 September, Anda bisa membawanya berjalan-jalan dengan kereta dorong atau dengan gendongan bayi. Udara segar dan gerakan berjalan bisa membantu. Anda juga dapat mencoba naik mobil, yang mungkin akan membuat dia tertidur.

Buat bayi bersendawa

Sesuatu yang sederhana seperti bersendawa mungkin merupakan hal yang mengganggu bayi Anda. Kebanyakan bayi perlu bersendawa setelah menyusu, jadi jika si kecil masih tetap rewel setelah dia menyusu, coba buat bayi Anda bersendawa. Jika bayi Anda tampak mengeluarkan gas, baringkan dia telentang dan gerakan kakinya seperti sedang bersepeda sebentar untuk mengeluarkan gasnya.

Mandikan bayi

Tidak semua bayi suka mandi, tapi jika bayi Anda suka dimandikan, itu bisa menjadi cara untuk mengubah suasana hatinya menjadi bahagia. Mandi air hangat bisa sangat menenangkan dan membantu bayi jadi rileks.

Minta orang terdekat menggendongnya

Terkadang bayi dapat merasakan stres yang dialami ibu dan menghadapi bayi yang menangis selama berjam-jam dapat membuat Anda stres. Jika ada orang lain di sekitar Anda misalnya pasangan, anggota keluarga, atau baby sitter, berikan giliran mereka untuk mengurus bayi. Ini dapat membantu bayi rileks dan memberi Anda perubahan untuk mengisi ulang tenaga dan bersantai.

Hampir tidak ada yang lebih memilukan daripada melihat anak menangis dan sebagai ibu, merasa kebingungan menghentikan tangisannya tersebut. Dalam kebanyakan kasus, tangisan bayi, bahkan dalam waktu lama, adalah hal yang normal. Dalam kasus yang jarang terjadi, tangisan bayi mungkin mengindikasikan masalah serius dan Anda harus segera menghubungi dokter jika merasa khawatir.