Bagikan:

YOGYAKARTA - Berita sedih tiba dari penyanyi bersuara jazzy Vidi Aldiano. Laki- laki berumur 33 tahun itu blak-blakan kalau dirinya menderita kanker Metastasis yang melanda ginjal serta saat ini sudah menyebar ke sebagian titik dalam badannya. Penasaran dan ingin tahu apa itu metastasis lebih jauh?

Vidi Aldiano, yang divonis kanker ginjal pada 2019 lalu, menyebut kalau kankernya kian menyebar. Melalui suatu unggahan di Instagram, penyanyi bernama asli Oxavia Aldiano itu memberikan momen kala ia menempuh tahap chemotherapy ditemani si ibunda. Vidi menyebut terapi itu sebagai spa day.

" Mungkin banyak yang belum tahu kalau tahun lalu, titipan Tuhan berbentuk kanker ini telah menyebar ke sebagian titik, sehingga mewajibkan gue akhirnya memiliki appointment spa day ini tiap 3 minggu," tulis Vidi, Selasa( 19/ 9/ 2023).

Lebih lanjut, pelantun Nuansa Bening tersebut pula mengaku telah berupaya berdamai dengan kondisinya dikala ini, walaupun dia pula masih terus bergelora untuk dapat sembuh.

" Selama gue masih diberikan kekuatan buat melawan penyakit ini, gue ga boleh cupu. Gue wajib terus dapat living my life, serta bonusnya semoga terus dapat berkarya untuk bisa kasih senyuman ke kalian semua."

Apa Itu Metastasis

Dilansir dari Healthline, metastasis merupakan kanker yang sudah menyebar dari lokasi aslinya ke bagian badan yang jauh. Metastasis terjalin kala sel- sel kanker terlepas dari tumor aslinya, merambah aliran darah ataupun sistem getah bening serta menyebar ke zona lain di badan.

Metastasis sangat kerap tumbuh kala sel kanker melepaskan diri dari tumor utama serta merambah aliran darah ataupun sistem limfatik badan. Sistem ini membawa cairan ke seluruh badan. Artinya, sel kanker bisa berpindah jauh dari tumor aslinya serta membentuk tumor baru kala menetap serta berkembang di bagian tubuh lain.

Metastasis pula bisa tumbuh kala sel kanker dari tumor utama rusak serta berkembang di zona terdekat, semacam di hati, paru- paru, ataupun tulang. Seluruh tipe kanker dapat menyebar. Terbentuknya hal ini tergantung pada beberapa aspek, termasuk: Tipe kanker serta Seberapa cepat kanker itu berkembang.

Kanker bisa menyebar ke nyaris segala bagian badan. Tetapi kanker tertentu lebih bisa jadi menyebar ke zona tertentu. Kanker yang telah menyebar bisa jadi tidak memunculkan ciri ataupun indikasi apa pun. 

Jadi setelah mengetahui apa itu metastasis, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!