Pesan Khusus Wagub DKI, Ahmad Riza Patria: Selalu Patuh 3M
Wagub DKI Ahmad Riza Patria (DOK. VOI/Rizky Aditya)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria meminta masyarakat untuk disiplin menerapkan 3M: mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. 3M ini diharapakan dapat mengurangi kasus COVID-19 di Indonesia.

Sesuai pesan 3M dari Wagub DKI Jakarta, selalu jaga diri dari keterpaparan virus COVID-19. "Saya mengajak semua menggunakan semua patuh dengan protokol kesehatan 3M. Pastikan kita selalu berada di rumah dan jaga pola hidup sehat dan seimbang," ujar Riza. 

Berbagai kebijakan sudah dilakukan pemerintah untuk mengurangi pergerakan masyarakat agar tetap bisa menjaga jarak. Saat ini DKI menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). 

Riza menegaskan Pemprov DKI belum akan menerapkan lockdown atau kuncitara saat akhir pekan.

Saat ini, DKI menerapkan PPKM tahap dua yang telah diperpanjang sejak tanggal 26 Januari sampai 8 Februari mendatang.

"Kami sampaikan,DKI Jakarta masih melaksanakan PSBB sampai tanggal 8 atau PPKM jilid II, di mana dalam program PPKM jilid II tidak ada program lockdown di akhir pekan," kata Riza di PMI DKI, Jumat, 5 Februari.

Terhadap kebijakan setelah masa PPKM berakhir pada tanggal 8 Desember, Gubernur DKI Jakarta telah melakukan pembahasan bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DKI dan para ahli.

"Nanti akan kita putuskan apa kebijakan yang diambil pada PPKM jilid kedua atau PSBB berikutnya tanggal 8 empat belas hari ke depan," ujar dia.

Usaha maksimal pemerintah untuk menekah laju penyebaran virus COVID-19 tentu perlu dukungan masyarakat. Memaksimalkan penerapan 3M adalah cara efektif untuk mendukung kebijakan pemerintah.