Bagikan:

YOGYAKARTA – Dalam fashion, dengan memilih bentuk busana tertentu yang melekat pada tubuh, akan menampilkan siluet. Dress atau gaun yang disebut juga one-piece outfit untuk bisa mendapatkan penampilan sesuai keinginan, yaitu untuk menciptakan siluet tubuh.

Dress silhouette adalah bentuk keseluruhan yang tercipta dari sebuah gauh yang melekat pada tubuh. Dengan kata lain, gaun akan membuat tampilan Anda fokus secara keseluruhan, bukan detail kecilnya. Namun, jenis dress di bawah ini punya gaya yang berbeda-beda untuk fokus atau menciptakan ilusi tertentu untuk penampilan paripurna.

1. A-line

Busana dengan gaya A-line pertama kali diciptakan oleh perancang busana dan stylist Christian Dior, dilansir MasterClass, Senin, 18 September. Siluet A-line adalah salah satu jenis pakaian yang paling populer karena terlihat bagus pada hampir semua bentuk tubuh.

jenis dress yang fokus menampilkan siluet tubuh
Ilustrasi A-line dress yang fokus menampilkan siluet tubuh (Freepik/hayalalex)

Siluet A-line menampilkan korset yang pas dan melebar dari bagian pinggang membentuk segitiga seperti huruf A. Siluet ini fokus pada pinggang sehingga memperlihatkan pinggul lebih lebar. Panjang gaun A-line berkisar dari atas lutut. Bisa juga didesain penuh hingga kaki atau disebut maxi.

2. Ball gown

Ball gown atau gaun pesta mirip dengan gaun A-line karena memiliki potongan bagian atas yang fit dan rok melebar. Namun gaun pesta lebih menampilkan flare yang dramatis. Gaun pesta juga menyertakan hiasan tambahan untuk lebih menonjolkan bentuk dan menciptakan siluet jauh lebih dramatis. Hiasannya, biasanya berupa lapisan kain seperti tulle atau bahkan potongan structural misalnya lingkaran, ruffles, petticoats, atau pakaian dalam lainnya.

jenis dress yang fokus menampilkan siluet tubuh
Ilustrasi ball gown yang fokus menampilkan siluet tubuh (Freepik/master1305)

3. Empire waist

Gaun dengan empire waist atau pinggang Kerajaan, biasanya mulai melebar di bawah garis dada. Bukan mulai dari pinggang seperti A-line atau ball gown. Efek bentuk ini bisa membentuk ilusi langsing dan menciptakan pinggang yang tinggi. Secara siluet juga terlihat lebih panjang dan mengalihkan perhatian dari pinggang.

4. Sheath

Gaun ini berpelindung yang berbentuk fit tubuh pada setiap titik. Mulai dari garis leher, lubang lengan, hingga keliman. Siluet sarungnya menekankan lekuk tubuh. Model ini, sangat pas dipakai wanita berbentuk tubuh jam pasir. Ini membantu bebas bergerak namun tak mengurangi keanggunan Anda.

5. Shift

Gaun shift mengalir dari bahu lurus ke bawah sepanjang tubuh. Model ini cocok dipakai wanita yang bertubuh lurus dengan hanya sedikit perbedaan antara ukuran payudara, bagian tengah tubuh, pinggul, dan keliman. Model ini dikenal juga sebagai column dresses dan sangat populer dipakai pada musim panas. Ini akan memberi cukup ruang bernapas di cuaca panas.

jenis dress yang fokus menampilkan siluet tubuh
Ilustrasi mermaid dress yang fokus menampilkan siluet tubuh (Freepik/fxquadro)

6. Mermaid

Gaun mermaid atau putri duyung, paling umum sebagai siluet pada gaun pengantik. Bentuk pas untuk sebagian besar bentuk tubuh. Modelnya melebar pada bagian lutut untuk menciptakan bentuk jam pasir yang dramatis pada bagian bawah, mirip ekor putri duyung. Gaun ini biasanya memiliki ritsleting panjang untuk membantu pemakainya memakai dan melepas gaun.

Dikenal pula sebagai gaun terompet, yang mana menonjolkan lekuk tubuh dan menciptakan kesan dramatis. Gaun model ini, cocok bagi pemilik tubuh bagian bawah berlebih. Tujuannya membantu menyeimbangkan dengan bahu yang lebar.

Itulah keenam jenis dress yang membantu menciptakan siluet tubuh. Adakah dari model di atas sudah Anda pilih sebagai gaun yang paling cocok untuk penampilan paripurna Anda?