Saat Motivasi Melemah sehingga Menunda-nunda Tugas, Begini Saran Pakar untuk Mengatasi
Ilustrasi saran pakar untuk mengatasi motivasi melemah (Freepik/yanalya)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Motivasi melemah sehingga terlihat malas-malasan, perlu diluruskan menurut pendapat pakar. Pasalnya, psikoterapis yang berbasis di Illinois Selatan, Jennifer Gerlach, LSCW., segala hal selalu ada alasannya. Ketika Anda malas mandi setelah pulang kerja petang hari, ini tidak cukup dijelaskan sebagai kemalasan untuk mandi. Tetapi mungkin karena suasana hati yang buruk atau karena alasan lainnya.

Bahkan jika Anda sulit menikmati hal-hal baik, pasti juga bisa disebabkan hal lain. Gerlach menjelaskan, mungkin juga motivasi melemah karena merasa tidak ada gunanya jika Anda menyelesaikan suatu tugas. Artinya, Anda bisa saja kehilangan nilai dan tujuan sehingga merasa terombang-ambing. Apabila mengalami hal ini, saran Gerlach perlu mengetahui ke mana tujuan Anda dan nilai apa yang dimiliki sehingga tugas tersebut terasa bermakna. Cara ini bisa dilakukan dengan menuliskannya di jurnal tentang hal-hal yang penting bagi Anda.

Melemahnya motivasi juga kerap dialami seseorang yang perfeksionis. Ironisnya, banyak orang perfeksionis yang mengkritik diri sendiri dengan harapan bisa meningkatkan kinerjanya. Perfeksionisme menciptakan ketakutan yang bisa melemahkan semangat. Sehingga penting mencari cara untuk bangkit dari ketidaksempurnaan yang memicu penundaan dan menyerah. Cara yang dilakukan, saran Gerlach, dengan mengidentifikasi suara kritis dari dalam diri. Bergeraklah menuju self-talk yang penuh kasih dan jangan menyalahkan diri sendiri.

saran pakar untuk mengatasi motivasi melemah
Ilustrasi saran pakar untuk mengatasi motivasi melemah (Freepik/luis_molinero)

Apabila motivasi melemah karena tidak tahu harus mulai menyelesaikan tugas yang mana, mungkin akan mengganggu fokus dan membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikannya. Saran Gerlach, untuk mengatasi kesulitan fungsi eksekutif ini, bisa dengan membuat rencana. Bisa pula mencari asisten yang membanntu Anda tetap pada jalurnya atau menemukan strategi mana yang cocok untuk Anda.

Alasan keempat seseorang menunda menyelesaikan tugas, bisa karena kesepian. Melansir Psychology Today, Senin, 11 September, manusia adalah makhluk sosial yang perlu merasa terhubung dengan orang lain. Ketika kebutuhan ini tidak terpenuhi, maka akan memengaruhi motivasi. Maka cobalah untuk membuka diri dan terhubung kembali dengan teman baru atau teman lama untuk membangun motivasi lagi.

Untuk motivasi lemah karena energi rendah meskipun cukup tidur, mungkin Anda perlu menghubungi dokter Anda. Meskipun sebenarnya ada banyak faktor yang memengaruhi, dokter bisa memberikan saran yang pas. Selain itu, mulailah mengidentifikasi pola hidup Anda. Mulai dari teratur jam tidur, dapatkan tidur berkualitas, dan olahraga rutin.