6 Self Healing Terbaik Sekaligus Gratis yang Bisa Dilakukan Siapapun
Ilustrasi Self-healing (Elle Hughes-Pexels)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Self healing dalam konteks psikologis merujuk pada upaya memulihkan diri dari luka emosional sekaligus menjaga kesehatan mental. Penyembuhan yang dilakukan bisa beragam, bisa dengan menjalani hobi, liburan, jalan-jalan, dan sebagainya. Namun, tahukan Anda apa saja self healing terbaik yang bisa dilakukan?

Self Healing Terbaik

Seperti disinggung sebelumnya, self healing berkaitan dengan luka batin yang dialami seseorang. Kondisi tersebut tidak bisa dilihat secara kasat mata. Oleh karena itu banyak orang yang sebenarnya membutuhkan self healing namun tidak menyadarinya. Dampaknya bisa beragam, seperti penurunan gairah hidup, kurangnya motivasi dalam bekerja, dan masih banyak lagi.

Untuk menghindari dampak negatif itu, Anda disarankan untuk banyak melakukan self healing. Bentuk self healing bisa beragam yakni sebagai berikut.

  1. Me Time

Pernahkah Anda merasa kehilangan diri sendiri karena sibuknya kegiatan dan tekanan yang terlalu tinggi? Jika demikian, disarankan untuk mengambil cuti dari kantor dan me time. Secara sederhana, me time adalah meluangkan waktu dari berbagai aktivitas untuk diri sendiri. Di sela waktu kosong tersebut Anda bisa melakukan apapun sesuai keinginan dan kesukaan, seperti berlibur, menyendiri di kamar, dan sebagainya.

  1. Memaafkan Kesalahan di Masa Lalu

Self healing tidak hanya berupa kegiatan, namun keputusan. Jika Anda memiliki luka di masa lalu yang sulit untuk dilupakan, maka Anda bisa mulai memutuskan untuk memaafkan diri sendiri. Apapun kesalahan yang terlanjur diperbuat, memaafkan diri sendiri adalah langkah terbaik. Anda harus mengingat bahwa manusia tak bisa lepas kesalahan. Memaafkan diri sendiri akan meringankan rasa bersalah Anda.

  1. Bercerita dan Menulis

Sudah sejak lama metode bercerita dan menulis digunakan sebagai penyembuhan luka psikis. Kedua aktivitas ini sangat baik dilakukan terlebih saat memiliki hal-hal yang mengganggu di benak Anda. Cobalah untuk bercerita kepada teman, kerabat, psikolog, atau siapapun yang Anda percaya.

Anda juga bisa menuliskan semua kegelisahan di buku catatan. Menulis bisa menjadi media penyembuhan yang efektif. Anda bisa menuliskan apapun dengan cara yang disukai tanpa memikirkan hal lain.

  1. Istirahat dari Media Sosial

Media sosial berpotensi memicu gangguan mental. Untuk menghindari hal tersebut, cobalah untuk rehat sebentar dari media sosial. Detoks media sosial. Anda bisa menghapus aplikasi media sosial Instagram, TikTok, atau medsos lain yang Anda miliki. Cobalah untuk mulai fokus dengan diri sendiri, memikirkan apa saja pencapaian yang harus dimiliki tanpa memikirkan pencapaian orang lain.

  1. Olahraga

Aktivitas fisik menyehatkan juga mampu menyembuhkan luka batin. Bahkan, olahraha bisa jadi self healing terbaik. Anda tidak hanya akan secara fisik, namun secara emosi. Curahkan semua emosi negatif Anda dengan berolahraga seperti berlari, berenang, bela diri, dan sebagainya. Cara ini cukup efisien untuk membuat energi negatif berlebih dalam diri Anda.

  1. Tidur

Saat Anda merasa diri sedang tidak baik-baik saja, cobalah untuk tidur.  Bagi sebagian orang self healing terbaik adalah tidur cukup. Pasalnya, kurang tidur dapat melemahkan sistem imun tubuh dan membuat psikis tidak stabil.

Itulah informasi tentang self healing terbaik. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.