5 Penyebab Motivasi Kerja Hilang, <i>Yuk</i> Ketahui Caranya Mengatasi
Ilustrasi motivasi kerja hilang (iStockphoto/Giulio Fornasar)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kehilangan motivasi berefek pada menunda tugas sehingga membuang banyak waktu. Motivasi melemah, umumnya membuat seseorang kesulitan untuk memulai sesuatu. Lantas apa yang menyebabkan seseorang bisa kehilangan motivasi? Menurut penjelasan terapis berlisensi, Amy Morin, LSCW., berikut yang perlu dikenali sebagai penyebab hilangnya motivasi.

1. Menghindari tantangan

Tidak setiap tantangan itu menyenangkan, bahkan akan terasa tidak nyaman kalau Anda perlu menyelesaikan tugas yang bukan pasion Anda, misalnya. Menurut ahli, saat Anda tidak ingin merasa bosan melakukan tugas atau menghindari tantangan yang sulit, bisa memicu hilangnya motivasi. Mudahnya, orang yang kehilangan motivasi kerap mencari posisi aman dan menghindari ketidaknyamanan.

2. Meragukan diri sendiri

Keraguan seputar kemampuan diri, sebenarnya perlu dilalui. Artinya, seseorang perlu menawar ‘batas’ atau boundaries sehingga bisa mengatasi kemandekan. Kata Morin, kalau Anda tidak yakin pada diri sendiri, mungkin akan kehilangan motivasi untuk memulai tugas Anda.

motivasi kerja hilang
Ilustrasi motivasi kerja hilang (Pexels/Andrea Piacquadio)

3. Merasa kewalahan

Ketika seseorang melewati banyak hal dalam hidup, pada satu titik mungkin merasa kewalahan. Perasaan ini dapat menghilangkan motivasi.

4. Kurang komitmen mencapai tujuan

Menyetujui suatu tugas hanya merasa berkewajiban, atau tujuan bukan dari keinginan Anda, berarti Anda tidak sepenuhnya berada dalam menyelesaikan tugas tersebut. Kemungkinan besar karena tidak berkomitmen penuh untuk mencapai tujuan, maka enggak akan total mengerjakan hal tersebut. Bisa dikatakan tak punya motivasi penuh dalam melunasi tujuan tersebut.

5. Mengalami masalah kesehatan mental

Kurangnya motivasi merupakan salah satu gejala depresi. Ini juga dapat dikaitkan dengan penyakit mental lainnya seperti kecemasan, dilansir Verywell Mind, Senin, 19 September. Jadi penting untuk mempertimbangkan apakah kesehatan mental Anda dapat memengaruhi tingkat motivasi.

Untuk mengatasi hilangnya motivasi, ahli merekomendasikan empat cara. Pertama, cobalah mengubah perilaku Anda. Misalnya, daripada duduk di sofa dengan piyama sepanjang hari untuk menunggu bertunasnya motivasi, cobalah untuk berpakaian rapi dan mulai bergerak. Ini membantu Anda mengambil dan menemukan tindakan untuk meningkatkan motivasi.

Kedua, kalau kehilangan motivasi karena takut gagal, cobalah berpikiran sebaliknya. Pikirkan bagaimana jika Anda berhasil menyelesaikan tugas. Cara ini membantu Anda tidak terlalu pesimis karena ada kemungkinan kenyataan tidak sesuai dengan pikiran negatif yang menghambat.

Ketiga, cobalah untuk menyayangi diri sendiri. Anda mungkin bersikap keras pada diri sendiri untuk mendapatkan motivasi tetapi tidak berhasil. Menurut penelitian, self compassion jauh lebih menumbuhkan motivasi. Jadi, kalau motivasi melemah, jangan menyalahkan diri sendiri. Katakanlah pada diri sendiri bahwa ‘Saya telah dan akan berupaya maksimal’. Dengan begitu Anda telah menyeimbangkan penerimaan diri dan perbaikan diri.

Keempat, pakai aturan dengan metode timer. Beri Anda izin untuk keluar dari tugas setelah 10 menit, kemudian melanjutkan lagi tugas. Dalam momen ‘istirahat’ mungkin akan menemukan bahwa Anda memiliki motivasi yang cukup untuk terus maju.

Itulah penjelasan tentang penyebab hilangnya motivasi dan caranya mengatasi. Terakhir pesan Morin, tingkatkan suasana hati dengan menambahkan sedikit kesenangan pada sesuatu. Mungkin dengan begitu Anda akan merasa lebih bahagia dan tidak sabar untuk melakukan tugas.