Jarak Makan Malam Sebelum Tidur Lengkap dengan Tipsnya agar Tetap Sehat
Ilustrasi makan malam (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tahukah Anda bahwa kebiasaan makan malam harus dilakukan dengan benar karena harus mempertimbangkan jarak waktu antara makan dan tidur. Karena jika tak dilakukan dengan benar akan berdampak pada kesehatan. Lalu, seberapa lama jarak makan malam sebelum tidur yang direkomendasikan.

Jarak Makan Malam Sebelum Tidur

Seperti diketahui, makan malam adalah waktu makan yang dilakukan saat malam hari. Patokan waktu tersebut tergantung pada budaya dan wilayah, namun bisanya dilakukan sebelum tidur mengingat waktu tidur juga dilakukan pada malam hari.

Karena aktivitas makan malam dan tidur jadi kegiatan yang dilakukan dalam satu periode, saat melakukan kedua kegiatan itu perlu diperhatikan dengan baik agar setelah makanan masuk ke dalam tubuh, sistem pencernaan dapat bekerja dengan baik dan tidak terjadi penimpunan lemak.

Pada dasarnya tak ada patokan kapan waktu makan malam dan tidur bisa dilakukan. Namun masyarakat perlu memperhatikan jarak kedua kegiatan itu dilakukan. Jarak makan malam sebelum tidur lebih baik dilakukan dengan jeda 2-3 jam. Artinya, Anda disarankan untuk melakukan makan malam 2-3 jam sebelum memutuskan untuk tidur.

Jeda tersebut perlu dilakukan agar sistem pencernaan punya waktu untuk memindahkan makanan menuju usus kecil sehingga tak terjadi gangguan pencernaan. Tak hanya itu, jeda waktu antara makan malam dan tidur dibutuhkan untuk memberi kesempatan pada Anda agar bisa melakukan kegiatan fisik lebih dulu untuk membakar kalori

Jika tak ada jeda antar kedua aktivitas tersebut, potensi terjadinya penumpukan lemak akan terjadi dan kondisi itu tentu berdampak pada naiknya kolesterol dan trigliserida dalam tubuh.

Tips Makan Malam Agar Tetap Sehat

Tips makan malam membantu Anda mempertahankan kesehatan dan mencegah timbulnya penyakit serta penimpunan lemak.

  1. Pertimbangkan Jarak Waktu

Menjaga waktu makan tetap teratur perlu dilakukan, oleh karenanya mempertimbangkan faktor waktu penting dilakukan dalam aktivitas makan.

Pada kasus makan malam sebenarnya tak ada patokan khusus pukul berapa Anda disarankan untuk makan. Akan tetapi, Northwestern Medicine menyatakan bahwa waktu makan malam wajib mengikuti jam makan siang dengan memberikan jeda 4-5 jam setelah makan siang.

  1. Jangan Makan Terlalu Larut

Usahakan untuk tidak makan terlalu larut karena akan mengganggu jam tidur Anda. Sempatkan makan malam 2-3 jam sebelum tidur agar mendapatkan manfaat kesehatan.

  1. Makan Makanan Sehat

Menjaga pola waktu makan malam memang penting, namun jenis makanan yang dikonsumsi saat malam hari juga tak kalah penting. Agar tetap sehat dan tidak terjadi penimbunan lemak disarankan untuk mengonsumsi makan sehat seperti salad, buah, bubur kacang hijau, dan sebagainya.

Tidak disarankan untuk makan malam dengan makanan tinggi lemak dan minyak karena makanan jenis tersebut berpotensi menumpuk lemak di tubuh.

  1. Jangan Langsung Tidur

Efek mengantuk setelah makan malam memang wajar terjadi. Namun sebaiknya ditahan meski terasa mengantuk karena tidur tepat setelah makan malam akan meningkatkan potensi gangguan pencernaan hingga kalori sulit terbakar.

  1. Lakukan Aktivitas Fisik Setelah Makan

Disarankan untuk melakukan kegiatan fisik ringan setelah makan malam. Kegiatan tersebut membantu pembakaran lemak dan gula yang masuk ke dalam tubuh sehingga makanan yang dikonsumsi bisa dicerna dengan baik oleh tubuh.

Itulah informasi terkait jarak makan malam sebelum tidur. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.