Usai Begadang, Lakukan Anjuran Menurut Pakar dan Patuhi Larangan Berikut Ini  
Ilustrasi anjuran dan larangan usai begadang menurut pakar (Freepik/m.vichakorn)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Setelah semalam tak bisa tidur karena insomnia atau sedang menyelesaikan tugas tertentu sehingga harus begadang, maka pakar medis menganjurkan sejumlah hal untuk dilakukan dan yang perlu dihindari. Tujuannya supaya Anda tetap berenergi untuk aktivitas keesokan harinya dan mencegah jatuh sakit. Untuk itu, cek daftar berikut ini.

Anjuran yang perlu dilakukan usai begadang

Kalau Anda mengira membayar utang tidur pada jam 9 pagi setelah begadang dan bangun siang, ternyata justru harus dihindari. Alasannya, jam internal tubuh akan berantakan jika mengubah jam tidur harian Anda. Anjurannya, tetap lakukan rutinitas meski Anda kurang tidur supaya siklus tidur kembali ke jalurnya. Nah untuk mencegah suasana hati buruk dan energi nge-drop, cobalah untuk berjemur matahari pagi. Dengan berjemur, akan mendapatkan vitamin D alami dan membantu mengatasi sulit tidur serta memperbaiki suasana hati dan otak.

Lantas, bolehkan minum minuman berkafein setelah begadang? Seperti yang telah dijelaskan di atas, tubuh memiliki jam internal sesuai dengan kebiasaan sehari-hari Anda. Kalau kebiasaan Anda minum kopi pagi hari, maka boleh melakukannya dengan ukuran terbatas dan harus dibarengi dengan beberapa makanan. Tetapi hindari minum minuman kafein mendekati waktu tidur.

anjuran dan larangan usai begadang menurut pakar
Ilustrasi anjuran dan larangan usai begadang menurut pakar (Freepik/jcomp)

Untuk aktivitas olahraga, juga boleh dilakukan namun tidak boleh terlalu dengat dengan jam tidur. Jika harus berolahraga, ambilah sore atau malam hari setidaknya minimal 3 jam sebelum tidur. Nah, setelah begadang, tidur siang bisa membantu mempertajam perhatian dan kemampuan motorik. Setidaknya, bisa tidur siang antara 20 sampai 90 menit.

Kalau lapar sebelum tidur malam keesokan harinya membuat jadwal tidur tertunda, maka penting memperhatikan tipsnya. Paling memungkinkan, makanlah makanan ringan beberapa jam sebelum tidur. Hindari makan malam yang lebih berat dan berminyak seperti burger, kentang, dan shake. Lebih baik makan makanan ringan, sepertu roti panggang, yoghurt, maupun apel.

Selain anjuran di atas, penting untuk mendapatkan cukup cairan. Tetapi jangan sampai minum mengganggu Anda saat jam-jam tidur. Seperti haus di tengah malam atau terbangun saat kebelet buang air kecil. Penting pula mengatur kondisi ruang tidur. Pastikan tak ada suara dari luar mengganggu tidur Anda. Ditambah lagi, tenangkan pikiran dan atur suhu ruangan supaya tetap nyaman.

Hindari hal ini usia begadang

Tanpa tidur yang cukup, penilaian akan suatu hal akan tidak tepat. Sel-sel otak, setelah begadang akan bekerja terlalu keras dan tidak dapat menyatukan pikiran, mudah lupa, bahkan memahami peristiwa mungkin akan memerlukan waktu lebih. Jadi, ambil waktu untuk menenangkan pikiran. Hindari minum alkohol dan kafein menjelang tidur. Hindari pula menghabiskan banyak waktu berrmain gawai atau melihat tayangan.

Pastikan Anda tidak sering begadang karena akan memengaruhi kesehatan. Terkadang sulit tidur adalah hal yang wajar. Melansir WebMD, Minggu, 17 Desember, kalau sulit tidur mulai mengganggu aktivitas hingga mengubah suasana hati, baiknya berkonsultasi dengan dokter.