Tanpa Pakai Skincare, Begini 5 Cara untuk Mengatasi Bawah Mata Hitam dan Bengkak
Ilustrasi cara untuk mengatasi bawah mata hitam dan bengkak tanpa skincare (Freepik/user18526052)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bawah mata hitam dan bengkak, bisa diatasi tanpa ditutupi pakai skincare. Bahkan Anda bisa mengatasinya dengan cara sederhana. Penting Anda ketahui, lingkaran bawah mata yang gelap dan bengkak, bisa disebabkan kebiasaan buruk. Seperti sering begadang, terlalu lama melihat gawai pintar atau layar komputer maupun televisi. Bisa juga disebabkan kondisi tubuh tertentu, misalnya anemia. Untuk penyebab yang ringan, Anda bisa mengatasi bawah mata hitam dan bengkak dengan cara seperti berikut ini.

1. Merawat secara lembut

Bawah mata merupakan area yang sensitif karena tipis dan rentan iritasi. Area ini juga jadi salah satu indikator munculnya tanda-tanda penuaan. Melansir Byrdie, Jumat, 19 Mei, perawatan yang tidak telat dan tidak lembut mendatangkan malapetaka di area tersebut. Lakukan gerakan menepuk lembut dan berhati-hati ketika mengaplikasikan skincare harian Anda. Jangan sampai menarik dan menggosok kulit bawah mata.

2. Jaga sirkulasi darah bawah mata

Sirkulasi darah yang buruk dapat mendatangkan malapetaka pada area mata. Drainase toksin yang tidak mencukupi dan penumpukan cairan merupakan akibat buruk dari sirkulasi darah yagn tidak lancar. Pembengkakan, merupakan salah satu tandanya. Selain itu, darah teroksigenasi juga dapat menyebabkan bayangan gelap di bawah mata. Dokter praktik keperawatan, Dr Marisa Garshick merekomendasikan untuk mengompres dengan kantung teh untuk mengobati bengkak, mengompres dengan sendok dingin, atau rol wajah.

cara untuk mengatasi bawha mata hitam dan bengkak tanpa skincare
Ilustrasi cara untuk mengatasi bawah mata hitam dan bengkak tanpa skincare (Freepik)

3. Depuffing dengan alat pendingin

Depuffing merupakan cara untuk mengatasi bengkak dan lingkaran hitam bawah mata. Mata bengkak umumnya disebabkan penuaan, atau jaringan sekitar mata melemah seiring bertambahnya usia. Ditambah lagi, ligamen suspensori dan otot yang menopang kelopak mata bagian bawah, dapat menyebabkan pembengkakan ringan. Kondisi lain, seperti tiroid dan alergi, juga dapat menyebabkan bengkak di bawah mata. Bisa juga karena retensi cairan, diet tinggi garam, dan kurang tidur.

Apapun penyebabnya, banyak pakar sepakat bahwa cara mengatasi dengan mengompres menggunakan gel pendingin. Bisa juga menggunakan krim mata, rol es, dan kompresi dingin menggunakan sendok. Cara ini membantu mengecilkan pembuluh darah yang melebar dan meredakan peradangan serta pembengkakan.

4. Kompres dengan bahan anti inflamasi

Pertimbangkan bahan-bahan alami yang bersifat anti peradangan. Misalnya kompres menggunakan mentimun dan lidah buaya. Bisa juga kompres dengan kantung teh chamomile.

cara untuk mengatasi bawah mata hitam dan bengkak tanpa skincare
Ilustrasi cara untuk mengatasi bawah mata hitam dan bengkak tanpa skincare (Freepik)

5. Hindari menggunakan terlalu banyak produk skincare

Jika Anda sibuk seharian, ada baiknya mempertimbangkan skincare yang Anda pakai. Pepatah ada benarnya juga, sedikit lebih baik yang konteks dengan penggunaan skincare. Karena menggunakan terlalu banyak produk dapat merugikan Anda, terutama di sekitar mata.

Pakar menyarankan, pastikan terhidrasi dengan cukup baik dari luar atau menggunakan pelembap dan dari dalam dengan cukup minum air mineral. Itulah kelima cara mengatasi bawah mata hitam dan bengkak tanpa pakai skincare. Adakah yang sering Anda lakukan?