Bagikan:

JAKARTA - Pernahkah Anda menghindari percakapan karena takut akan menimbulkan konflik yang tidak perlu? Di lain waktu, Anda mungkin menghindari percakapan karena dalam benak, argumen Anda tentang suatu masalah tidak diperlukan.

Namun, menghindari percakapan seperti itu dan menundanya hanya akan lebih merugikan Anda dalam jangka panjang. Jadi, inilah tips mengurangi konflik saat melakukan percakapan topik berat dengan orang lain, dilansir dari Times of India, Selasa, 29 Agustus.

Latihan jadi pendengar aktif

Saat sedang melakukan percakapan, pastikan untuk hadir secara mental di sana dan fokuslah mendengarkan apa yang dikatakan orang lain. Sering kali, alih-alih mendengarkan orang, kita mulai membuat catatan mental tentang respon kita selanjutnya. Ini adalah pendekatan yang salah. Sebaliknya, coba dengarkan apa yang orang lain katakan. Jika Anda mendengarkan dengan cermat, Anda akan lebih siap untuk menemukan solusi.

Hindari menyalahkan orang

Saat sedang terlibat dalam sebuah obrolan menegangkan, jangan langsung menuduh lawan bicara. Ini hanya akan membuat orang lain semakin kesal. Anda tidak akan mempunyai solusi dan lebih banyak konflik. Meskipun menyampaikan kekhawatiran Anda secara langsung adalah hal baik, namun pendekatannya juga penting. Sebaliknya, tanyakan alasan lawan bicara yang sebabkan Anda kecewa.

Jangan berbelit-belit

Jangan bertele-tele jika Anda mempunyai masalah yang mengkhawatirkan Anda. Itu hanya akan menambah kebingungan. Bicaralah tentang segala hal yang mengganggu Anda. Setidaknya dengan cara ini Anda selangkah lebih dekat untuk menemukan solusi. Menunggu seseorang memahami petunjuk Anda tidak akan membawa Anda kemana-mana.

Ilustrasi (Helena Lopez/Pexels)

Regulasi emosi

Meski Anda berapi-api menyelesaikan menyelesaikan konflik, ingatlah untuk tetap tenang meski kondisi memanas. Sebab, dalam situasi sensitif seseorang cenderung mengatakan sesuatu yang terkesan kasar. Sangat penting bagi Anda untuk menyadari lingkungan sekitar dan menyesuaikan perilaku.

Pilih lingkungan yang tenang untuk mulai percakapan

Beberapa orang mungkin mengabaikan faktor ini saat hendak melakukan percakapan yang rumit. Namun ini adalah faktor yang sangat penting karena lingkungan tepat sangat berpengaruh. Pilihlah lingkungan yang tenang dan damai di mana privasi Anda dan lawan bicara terjaga dengan baik. Ini akan membuat percakapan lebih efisien sebab Anda dapat mengemukakan kekhawatiran secara leluasa.