8 Khasiat Air Rendaman Biji Ketumbar yang Diminum Pagi atau Sebelum Tidur
Ilustrasi khasiat air rendaman biji ketumbar (Freepik/topntp26)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Ketumbar atau Coriandrum sativum adalah biji tanaman dari famili Apiaceae. Dikenal pula sebagai peterseli Cina atau dhania. Seluruh bagian tanaman ini dapat dimakan, mulai dari daun segarnya hingga bijinya yang dikeringkan. Anda mungkin familiar biji ketumbar sebagai bumbu untuk tempe goreng ataupun salah satu bumbu kari.

Biji ketumbar memendarkan rasa gurih, arum, dan sedikit rasa lemon. Di samping itu, biji ketumbar yang direndam dengan air dianggap berkhasiat untuk kesehatan. Bahkan tak hanya kesehatan, biji yang mungil nan berkhasiat ini dipakai untuk perawatan kulit serta rambut. Tertarik mengenali apa saja khasiat air rendaman biji ketumbar? Ini daftarnya.

1. Menurunkan berat badan

Air ketumbar merupakan pilihan terbaik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh berkaitan dengan bagaimana tubuh menghalau serangan radikal bebas. Nah, ini bisa dibantu dengan sifat antioksidan dari biji ketumbar. Kalau mekanisme ini meningkat, dilansir Healthy Veg Recipes, Jumat, 25 Agustus, maka sistem pencernaan dan metabolisme juga bekerja normal sehingga membantu menurunkan berat badan.

khasiat air rendaman biji ketumbar
Ilustrasi khasiat air rendaman biji ketumbar (Freepik/thanthima)

2. Memperkuat rambut

Ketumbar dikenal kaya akan vitamin C, K, dan A yang sangat penting untuk kekuatan rambut. Minum air ketumbar pada pagi hari dapat membantu kerusakan dan kerontokan rambut. Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan minyak ketumbar sebagai masker rambut.

3. Mengurangi jerawat, hiperpigmentasi, dan bekas luka

Ketumbar kaya akan zat besi dan memiliki sifat anti bakteri serta anti jamur. Minum air rendaman biji ketumbar, dapat membantu mendapatkan kulit halus. Selain itu, juga membuat kulit tampak lebih bercahaya serta bersih dari bintik-bintik hiperpigmentasi dan bekas luka kian memudar.

4. Membantu mengeluarkan racun

Ketumbar bersifat diuretik, sehingga dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Ini berarti kalau Anda rutin minum air rendaman biji ketumbar setiap padi, dapat membantu detoksifikasi sistem tubuh dan tubuh terasa segar.

khasiat air rendaman biji ketumbar
Ilustrasi khasiat air rendaman biji ketumbar (Freepik/mockupdaddy-com)

5. Mencegah gangguan menstruasi

Merupakan stimulant yang sangat baik, biji ketumbar membantu menjaga tingkat sekresi kelenjar endokrin secara tepat. Apabila hormon bekerja dengan baik, dilepaskan dalam jumlah tepat, dan pada interval yang pas, maka membantu mengatur berbagai fungsi tubuh. Termasuk mengatur siklus menstruasi bulanan pada wanita.

6. Meningkatkan pencernaan

Biji kecil yang dianggap Ajaib ini, bisa membantu menangani masalah usus, termasuk perut kembung, masalah lambung, diare, mual, dan lainnya. Air rendaman biji ketumbar mengandung serat makanan yang membantu dalam memproduksi hormon pencernaan dan merangsang fungsi hati lebih baik.

7. Menurunkan kolesterol

Biji ketumbar membantu mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Melansir India Times, bahan herbal ini kaya anak tembaga, seng, zat besi, dan mineral penting yang meningkatkan sel darah merah dan kesehatan jantung. Biji ketumbar juga membantu meningkatkan metabolisme.

8. Menurunkan gula darah

Biji ketumbar terbukti membantu penurunan berat badan dan mengurangi lemak yang tidak diinginkan dari tubuh. Selain juga merupakan sumber antioksidan dan vitamin penting lainnya yang membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Cobalah minum teh ketumbar di pagi hari untuk mengatur kadar glukosa darah Anda dan juga untuk membantu penurunan berat badan.

Kedelapan khasiat air rendaman biji ketumbar di atas, bisa Anda jadikan referensi. Kalau Anda sedang menjalani hidup sehat dengan cara alami, air rendaman biji ketumbar bisa untuk alternatif minuman sehat. Namun, perhatikan gejala serta dosis yang diminum untuk pencegahan risiko buruk.