Tertarik Tren Sambung Rambut? Kenali Fakta <i>Hair Extension</i> Sebelum Mencobanya
Ilustrasi (Andrea Piacquadio/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam dunia kecantikan, sambung rambut atau hair extension tengah jadi tren populer. Teknik ini dapat merubah penampilan seseorang, dengan menambah volume dan panjang rambut. Selain itu, pilihan mengatur gaya rambut jadi lebih bervariasi dengan hair extension.

Bagi Anda yang penasaran dengan teknik ini, wajib mengetahui jenis, metode, perawatan, serta manfaat hair extension sebelum mencobanya.

Jenis Hair Extension

Dilansir Times of India, Rabu, 16 Agustus, ada berbagai jenis ekstensi rambut yang tersedia. Masing-masing memiliki karakteristik dan teknik aplikasinya sendiri. Setidaknya ada lima Jenis yang paling umum dipilih, yaitu;

clip-in extension: cocok untuk penggunaan sementara, hair clip extension merupakan jenis yang paling mudah dilepas pasang. Di bagian akar rambut sintetis, terdapat klip untuk dijepit ke rambut asli. Jenis ini memungkinkan pengguna menambah volume dan panjang rambut secara instan dan tanpa ribet.

tape-in extensions: sesuai dengan namanya, tape-in hair extension dipasang dengan menggunakan media seperti selotip. Hair stylist akan merekatkan hair extension atau rambut tambahan dengan selotip yang dipanaskan lewat sebuah alat ke akar rambut. Jenis ini semi permanen dan bisa bertahan hingga 6-8 minggu dengan perawatan tepat. 

Ilustrasi Rambut Extension (Polina Tankilevitch/Pexels)

sew-in (weaving hair extension): metode ini memanfaatkan sedikit helai rambut yang ada di kepala, kemudian akan ditenun secara horizontal pada kulit kepala. Setelah itu, bagian tambahan tersebut akan dijahit menggunakan jarum dan benang khusus. Metode ini menawarkan solusi yang lebih tahan lama tetapi jika ingin dilepas, Anda perlu mengunjungi salon profesional.

micro-link extension (micro-bead): manik-manik logam atau silikon kecil digunakan untuk memasang ekstensi ke bagian kecil rambut alami. Teknik micro-bead tidak terlalu merusak rambut alami dan bertahan beberapa bulan.

fusion extension (pre-bonded): fusion bonds menggabungkan rambut sambung ke rambut alami menggunakan keratin. Waktu dan tenaga ekstra sangat diperlukan sebab teknik menyambung rambut ini dilakukan secara hati-hati.

Pemasangan dan Perawatan

Aplikasi dan cara merawat rambut extension tepat sangat penting menjaga ketahanan dan kesehatan rambut sambung. Untuk metode pemasangan, Anda bisa menerapkan clip-in extension di rumah, tapi metode lain memerlukan penata rambut profesional guna memastikan tampilan rapi dan alami.

Sedangkan perawatannya, disesuaikan dengan pilihan jenis yang dipilih. Hair extension memerlukan perawatan setiap 4-8 minggu sekali. Perlakukan ekstensi seperti rambut alami, tetapi dengan perawatan ekstra. Gunakan produk rambut bebas sulfat dan ramah ekstensi. Sisir rambut dengan lembut mulai dari ujung hingga ke akar.

Batasi penggunaan alat penata panas untuk mencegah kerusakan. Jika menggunakan panas, gunakan pelindung panas dan hindari suhu tinggi di dekat ikatan atau klip, kata salah satu ahli perawatan rambut di India, Mani Tyagi.

Saat tidur malam, kepang atau ikat rambut menjadi ekor kuda dengan ikatan longgar sebelum tidur untuk mencegah kusut. Dan jika Anda memiliki extension-clip, lepas klip sebelum tidur agar rambut sambung tidak rusak.

Manfaat Ekstensi Rambut

Ekstensi rambut menawarkan banyak manfaat yang lebih dari sekadar meningkatkan penampilan. Anda bisa memiliki rambut panjang dan tebal tanpa menunggu pertumbuhan rambut alami. Anda juga dapat bereksperimen dengan gaya rambut, warna, dan sorotan baru tanpa melakukan perubahan permanen.

Selain itu, pemasangan hair extension dapat meningkatkan rasa percaya diri bagi Anda dengan rambut tipis. Pasalnya, rambut sambut mampu menambah volume rambut menjadi lebat.

Hair extension merupakan rahasia kecantikan wanita. Dengan berbagai jenis dan metode tersedia, teknik ini memenuhi kebutuhan wanita dalam meningkatkan penampilan. Ingatlah untuk memilih teknik pemasangan profesional dan ikuti rutinitas perawatan yang tepat untuk hasil tahan lama, rapi, dan sehat.