Kisruh Pelecehan Seksual, CEO Miss Universe Indonesia dan Rio Motret Mundur dari Direksi
Eldwen Wang (Instagram @missuniverse_id)

Bagikan:

JAKARTA - Kasus pelecehan seksual yang terjadi di ajang Miss Universe Indonesia 2023 masih berlangsung. Di tengah kisruh tersebut, beberapa orang dari pihak direksi justru memilih mengundurkan diri dari posisi mereka.

Eldwen Wang atau Wang Jin Seok mengumumkan mundurnya dari posisi CEO Miss Universe Indonesia melalui media sosial. Ia menjelaskan alasan ia mundur dikarenakan ingin fokus dengan kariernya di Surabaya.

“Sebuah kehormatan bagi saya untuk menjadi CEO Miss Universe Indonesia selama masa kontrak kerja saya,” tulis Eldwen Wang dalam Bahasa Inggris.

“Saya minta maaf, seiring perjalanan waktu, saya harus membuat keputusan untuk fokus dengan karier dan pekerjaan saya sebelumnya di kota kelahiran saya,” lanjutnya.

Beberapa saat kemudian, Rio Motret sebagai direktur visual Miss Universe Indonesia juga menyampaikan hal serupa. Ia memilih mundur agar bisa fokus dengan proyek-proyek yang akan datang.

“Halo, saya Rio Motret dan melalui kesempatan ini saya ingin memberitahu kalian perjalanan saya bersama Miss Universe Indonesia telah berakhir,” tulis Rio Motret.

“Sebuah perjalanan yang sangat indah dan luar biasa, banyak tantangan, menyenangkan dan pengalaman baru. Tapi saya harus menyampaikan selamat tinggal untuk Miss Universe Indonesia agar saya bisa fokus dengan proyek di masa depan,” katanya lagi.

Mundurnya dua orang penting dari Miss Universe Indonesia seakan menambah permasalah baru dari kisru pelecehan seksual ini.

Awalnya salah satu finalis Miss Universe Indonesia 2023 mengungkap adanya pelecehan seksual di tengah proses pemilihan. Salah satunya ketika melakukan tahapan pemeriksaan badan atau body checking.

Salah satu finalis menyebut mereka diminta untuk telanjang dan hal itu tidak sesuai dengan prosedur body checking. Finalis ini menjelaskan dugaan pelecehan itu terjadi sebelum malam final pada 3 Agustus digelar.