10 Makanan yang Bisa Mengundang Tikus Bersarang di Dapur
Ilustrasi tikus (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tahukah Anda bahwa ada makanan yang bisa mengundang tikus datang ke area dapur rumah jika penyimpanan makanan tersebut tidak dilakukan dengan baik dan benar. Tikus yang datang ke area dapur akan memicu dapur jadi kotor dan berpotensi jadi sarang penyakit.

Makanan yang Bisa Mengundang Tikus Bersarang di Dapur

Makanan yang bisa memancing tikus bisa nabati maupun hewani. Berikut ini beberapa makanan yang disukai oleh tikus.

  1. Daging

Tikus sangat menyukai semua jenis daging mulai dari daging ayam, kambing, maupun sapi, baik yang sudah diolah maupun mentah. Biasanya pemilik rumah menyimpan daging segar di freezer sehingga tidak memancing datangnya tikus. Yang kadang mengundang tikus adalah sisa makanan berupa daging yang pembuangannya tidak diperhatikan. Aroma daging bisa tercium oleh tikus dari jarak jauh.

  1. Makanan Manis

Segala makanan manis mengundang hewan pengerat dan semut. Makanan tersebut bisa berupa camilan atau makanan lain seperti kue, sereal, dan lain sebagainya. Disarankan untuk memperhatikan penyimpanan makanan manis yakni dengan menempatkannya di area tertutup. Bisa juga disimpan di kotak yang berpenutup. Remahan makanan manis juga bisa mengundang kedatangan tikus.

  1. Kacang dan Biji-bijian

Tikus sangat menyukai kacang dan jenis biji-bijian lainnya seperti almond, jagung, dan sebagainnya, baik yang sudah diolah maupun belum. Usahakan untuk menyimpan kacang dan biji-bijian di tempat tertutup dan kering agar tetap terjaga higienitasnya.

  1. Makanan Hewan Peliharaan

Makanan hewan seperti dogfood atau catfood juga sangat disukai tikus, baik yang bersifat basah maupun kering. Biasanya, makanan hewan peliharaan yang tersisa di mangkuk akan mengudang kedatangan tikus. Disarankan untuk rajin membersihkan tempat makanan hewan.

  1. Buah dan Sayur

Tikus adalah hewan pemakan segala, sehingga buah dan sayur terutama yang busuk akan memancing kedatangan tikus. Disarankan untuk tidak membuang buah atau sayur secara sembarangan di area dapur. Anda bisa membuang sampah organik dengan mengolahnya menjadi pupuk.

  1. Ikan Kering

Aroma ikan kering sangat kuat sehingga mudah tercium oleh tikus. Disarankan untuk menyimpan ikan kering di kotak penyimpanan makanan.

  1. Telur

Disarankan untuk tidak membuang sisa makanan telur olahan secara sembarangan. Olahan telur yang beraroma amis juga memicu kedatangan tikus. Berbeda dengan telur ayam mentah yang tidak mengeluarkan bau sehingga bisa disimpan di tempat yang sedikit terbuka. Meski demikian, dianjurkan menyimpan telur di lemari pendingin agar tetap steril saat dimasak.

  1. Olahan Susu

Seperti halnya telur, makanan yang berasal dari olahan susu seperti keju akan menghadirkan tikus ke dapur, baik yang sidah diolah menjadi makanan jadi maupun masih berupa keju.

  1. Sosis

Pernahkah Anda mendapati sosis yang masih terbungkus plastik ternyata berlubang? Bisa jadi kondisi itu disebabkan oleh tikus. Gigi tikus yang tajam akan melubangi plastik pembungkus sosis dengan sangat mudah. Oleh karena itu disarankan tidak sembarangan menyimpan atau membuang sosis baik yang masih mentah maupun olahan.

  1. Ikan

Jangan membuang sisa makanan berupa ikan sembarangan. Aroma amis ikan sangat mudah tercium tikus. Anda bisa membuang olahan ikan ke tempat sampah yang ada di luar atau dikubur di kebun.

Itulah informasi terkait makanan yang bisa mengundang tikus. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.