Eksklusif, Tissa Biani Menyeimbangkan Cita, Cinta, dan Karya
Tissa Biani (Foto: Savic Rabos, Digital Imaging: Ilham Amin)

Bagikan:

JAKARTA - Nama Tissa Biani sering menjadi pusat pemberitaan saat ini. Setelah mengumumkan hubungannya dengan Putra Bungsu Maia Estianty, Dul Jaelani, namanya sering masuk trending di internet. Kini, aktris cantik yang piawai akting ini lebih banyak disorot karena hubungannya dengan Dul Jaelani yang terlihat romantis. 

Padahal, 24 Juli 2002 ini gadis kelahiran ini sangat berbakat dan multi talenta. Sudah memulai debut akting sejak kecil, hingga kini Tissa Biani telah bermain di belasan film populer yang membuktikan dirinya sebagai aktris muda bertalenta yang layak diberi acungan jempol.

14 judul film sudah dikantongi Tissa di filmografinya. Judul sinetron dan FTV lebih banyak lagi. Tak cuma akting, Tissa kini melebarkan sayap dengan merilis single berjudul 'Bahagia Sama Kamu'. 

"Sekarang lagi sibuk promo single bahagia sama kamu, sudah ada di semua platform. Video klip musik juga sudah ada, lagunya bisa di-request di radio-radio. Alhamdulillah sudah nggak terbatas lagi ini untuk mendengarkan lagunya," ujar Tissa Biani saat bertandang ke kantor VOI, 22 Januari 2021. 

Tak melulu tentang cinta, Tissa mengaku lagunya bisa memiliki arti luar. "Kalau dengerin lagunya Bahagia Sama Kamu ini pasti mudah dimengerti ceritanya. Kalau dari aku sendiri bahagia sama kamu itu sebenarnya nggak harus sama pasangan, nggak harus tentang percintaan saja, bisa bahagia bersama keluarga dan teman juga. Kita harus selalu jadi diri sendiri untuk bahagia, dan bahagia itu bukan orang lain yang mengatur tapi versi kita sendiri yang mengontrol kebahagiaan itu," katanya.

Tissa Biani (Foto: Savic Rabos, Digital Imaging: Ilham Amin)

Soal akting, Tissa bisa dibilang sudah mendarah daging. Sebut sejak 2007 di sinetron Aisyah, kemampuan aktingnya telah dengan sukses memboyong Piala Citra di Festival Film Indonesia 2014 dan penghargaan di Indonesian Movie Awards 2015 sebagai Pemeran Anak Terbaik.

Selama ini Tissa suka menyanyi namun lebih fokus di akting. "Kebetulan aku memang suka banget sama nyanyi. Dari dulu kalau break syuting film ya yang aku lakukan menyanyi. Suka bawa gitar ke lokasi syuting. Emang mencintai dunia tarik suara. Kebetulan dikasih jalan untuk jadi penyanyi ya kenapa enggak dijalanin," papar Tissa.

Urusan menyanyi, Tissa butuh keberanian tambahan. "Kesempatan dari dulu ada, kalau dulu mungkin lebih ke cover lagu. Pernah duet sama Element utuk lagu Cinta Tak Bersyarat. Yang benar-benar lagu aku dan aku nyanyiin sendiri ya Bahagia Sama Kamu ini sih," katanya.  

Perlu dukungan untuk menyakinkan dirinya sendiri sampai Tissa baru memberanikan diri untuk menyanyi saat ini.  "Alhamdulillah sih keluarga aku full support dukung apapun yang aku mau dan apapun yang aku suka. Termasuk dari dunia film mereka juga dukung, saat aku memutuskan untuk masuk dunia tarik suara mereka mendukung, meyakinkan aku untuk percaya diri. Mengeluarkan karya sebagai penyanyi," kenang Tissa.

Tissa mengaku menanti saat yang tepat untuk merilis lagu. "Kalau soal suara berubah di masa remaja sih aku nggak terlaku pikirin. Karena penyanyi itu tidak dilihat dari umur, tehnik vokal juga nggak dilihat dari usia. Sebenarnya pilihan daan kesempatannya baru ada di tahun ini," jelasnya.

Tissa Biani (Foto: Savic Rabos, Digital Imaging: Ilham Amin)

Hal lain yang membuatnya yakin adalah dukungan penuh Produser musiknya, Sandy Canester. "Kita akan merasa nyaman di dunia tarik suara ketika kita menjadi diri sendiri. Nggak ada paksaan dari tim, alhamdulillah aku dapat tim yang benar-benar support aku, menuruti dan mengikuti apa yang aku suka. Jadi nggak ada paksaan. Masalah style dan lagu aku nyaman banget, jadi senang menjalani ini semua," jelas Tissa. 

Sandy tak cuma menciptakan lagu Bahagia Sama Kamu yang pas buat Tissa Biani. Namun, Sandy juga mengajarkan Tissa untuk bermain gitar. 

"Lagu Bahagia Sama Kamu diciptakan sama produser dan pencipta lagu ini, Om Sandy Canester. Dia yang memberikan lagu ini, dan kebetulan aku sangat suka dnegan tujuan lagu ini. Liriknya itu aku benar-benar suka, bisa dapat feel jiwa dari lagu tersebut. Makanya aku langsung mau saat dikasih lagu ini. Dan setelah dinyanyikan juga aku berasa rileks dengan lagu ini," kata Tissa. 

Jauh sebelum merilis lagu, Tissa belajar bermain gitar dari Sandy juga. "Aku belajar gitar sama Om Sandy sejak tahun 2013 ataun 2014 dulu kalau nggak salah. Dia yang pertama kali meracuni aku main gitar. Browsing-browsing aja di Youtube. Kalau ketemu ya belajar, kalau lagi nggak ketemu ya nyari sendiri di Youtube, google. Nggak pernah puas aja sih sama belajar," terangya.

Ingin menjalani karir musik dengan santai, Tissa Biani tak mau pasang target. "Aku nggak mau terlalu target sama kemampuan aku di dunia tarik suara, takutnya kita sudah berekspektasi tinggi tapi misalnya nggak jadi bisa jadi boomerang buat diri sendiri. Yang pasti semoga lancar dan berkah," harapnya. 

Tissa Biani (Foto: Savic Rabos, Digital Imaging: Ilham Amin)

Beralih fokus dari akting ke musik tentu bukan urusan mudah. Apalagi berjalan dua-duanya. Tissa Biani bahkan lebih berani, nemambahkan aktivitas kuliah dan penulis buku sebagai aktivitas hariannya. Semua itu dilakukan bersamaan dengan waktu pacaran dengan Dul. 

"Insya Allah mau persiapan film baru sama buku aku yang berjudul Untuk Kamu yang Berhak Bahagia sudah terbit di toko-toko buku. Kuliah juga masih jalan. Mudah-mudahan diberikan kelancaran semuanya," terangnya. 

Bagaimana cara Tissa menjalankan semua itu? "Kalau menurut aku dunia film dan tarik suara saling berhubungan. Saling berkomunikasi untuk menyampaiakan pesan. Kalau dalam film aku menyampaikan pesan dari si karakter. Kalau tarik suara menyampaikan pesan dari lirik lagunya. Jadi jangan sampai terlewat begitu saja apa yang ingin aku sampaikan," katanya.

Tissa mengaku tim yang solid membuatnya mampu melaksanakan semua peran tersebut. "Pembagian waktu itu penting banget. Itu gunanya ada manajer, manajemen ya untuk itu. Untuk mengatur jadwal aku. Kalau kuliah biasanya keluarga aku yang ingetin. Kalau masalah kerjaan itu manajer semua yang ngatur. Aku tinggal datang aku tinggal jalan, supaya aku nggak pusing. Sampai sejauh ini lancar, yang paling penting ikhlas dan enjoy mejalaninnya," jelasnya.

Tissa Biani (Foto: Savic Rabos, Digital Imaging: Ilham Amin)

Tak kenal lelah, Tissa mengaku semangat mengejar cita-citanya. Kuliah juga sudah menjadi komitmen yang harus dijalaninya.

"Harus ikhlas menjalani pekerjaan. Termasuk ketika memilih sebuah lagu. Kalau mau membuat suatu karya harus benar-benar menyukai dan menjiwai lagu itu. Kayak misalnya Bahagia Sama Kamu itu aku benar-benar suka, jadi bawaannya enak kerja, nonton tv, break bawaan lagu ini ya seneng terus," katanya. 

"Satu kuncinya, percaya diri. Percaya diri dari mana? Dari lingkungan juga penting sih. Kebetulan dari label aku, produser, keluarga, dan tim meyakinkan aku untuk percaya diri. Apalagi di panggung, kita harus memberikan  nyawa sendiri supaya pendengar terbawa suasana," lanjut Tissa.

Apakah Dul yang membuatnya mudah menyampaikan pesan lagu Bahagia Sama Kamu? "Kalau bayangan khusus sih nggak ada sih. Aku kan di dunia peran sebelum masuk dunia tarik suara. Ketika membayangkan sebuah rasa ya bisa langsung tahu bayanginnya kayak apa. Ketika jatuh cinta ya bayangin jatuh cinta. Kebetulan pas dapat lagu ini aku belum punya pacar, jadi bukan karena Dul. Yang penting mendalami dan menyukai lagunya dulu sih," katanya. 

Tissa Biani (Foto: Savic Rabos, Digital Imaging: Ilham Amin)

Tissa tak menampik bahwa dukungan kekasih juga menjadi suntikan mood untuk Tissa. Dul hadir saat Tissa memutuskan untuk merilis single. Menurutnya, ini adalah berkah.

"Pas bikin video klip sudah jadian, alhamdulillah kalau penonton suka dengan chemistry kami di video klip. Pertama kali dengar lagunya, Dul bilang asyik sih, katanya alhamdulilah. Dia suka, keluargaku juga suka, dan teman-teman aku juga full support untuk lagu ini sih," terangnya. 

Keterlibatan Dul sebagai moidel video klip adalah bentuk dukungan nyata untuk Tissa. Dul dipilih oleh Tissa dan Sandy supaya bisa memberikan kenyamanan untuk syuting. 

"Dul sindiri kan juga sudah punya single duluan, makanya aku mau ajak bikin syuting video klipnya. Ya kita pengin seru-seruan aja sih kalau sama pacar kan chemistry-nya lebih gampang dapat. Di video klipnya banyak scene romantis. Mungkin kalau sama orang lain butuh waktu untuk membangung chemistry, klau sama pacar sendiri jadi cepet aja syutingnya. Sutradaranya jadi enak ngarahinnya," katanya. 

Tak cuma di lagu Tissa, mereka kini sedang mempersiapkan lagu bersama. "Dia sih sudah nyiptain lagu judulnya Anggur Cinta. Liriknya juga sudah ada. Tapi prosesnya belum. Berdua bikin liriknya," jelasnya. 

Katanya cita dan cinta susah seiring sejalan, nyatanya Tissa Biani dan Dul Jaelani menampiknya. Dul membuat Tissa lebih terpacu untuk membuat karya baru. "Mudah-mudahan bisa rilis lagu yang aku tulis," pungkasnya.