Indomie <i>Barbeque Chicken</i> Racikan Nunuk Nuraini Jadi Mie Terlezat Versi <i>L.A. Times</i>
Indomie goreng (Instagram @indomie)

Bagikan:

JAKARTA - Kini sosok Nunuk Nuraini mungkin telah tiada. Ia berpulang pada Rabu (27/1) pukul 14.55 WIB. Namun, nama ‘pahlawan’ peracik bumbu mi instan yang tersohor ini akan selalu dikenang di hati masyarakat. 

Nama Nunuk Nuraini adalah seseorang dibalik racikan bumbu Indomie goreng yang fenomenal di kalangan masyarakat Indonesia, bahkan sampai ke berbagai negara.

Salah satu bumbu racikannya adalah Indomie Barbeque Chicken alias rasa ayam panggang. Nah, varian ini pernah mendapatkan peringkat nomor satu dan menduduki posisi teratas dalam L.A. Times Instant Ramen Power Rankings yang dibuat food columnist Lucas Kwan Peterson. 

Pada November 2019, Lucas mengerjakan reportase untuk L.A. Times Instant Ramen Power Rankings. Ia mempertimbangkan dua hal untuk membuat memilih mie terbaik, yaitu rasa mie dan kesesuaian antara aslinya dengan apa yang diiklankan. 

Maksudnya adalah, apakah mie rasa ayam terasa seperti ayam, atau mie dengan klaim rasa udang terasa seperti udang. 

“Untuk peringkat ini, saya menderita tekanan darah meningkat sekitar tiga kali lipat. Namun, saya melakukan ini untuk Anda, pembaca yang budiman. Dan untuk J-besar: Jurnalisme,” tulis Lucas. 

Setelah mencoba berbagai ramen instan, ia pun membuat daftar yang berisi 31 mi dari berbagai negara. Berikut daftar 10 besar L.A. Times Instant Ramen Power Rankings:

  1. Indomie Barbeque Chicken, Indonesia

  2. MyKuali Penang White Curry, Malaysia

  3. Nongshim Shin Black, Korea Selatan

  4. Sapporo Ichiban Tokyo Chicken Momosan, Jepang

  5. Ibumie Mi Goreng, Malaysia

  6. Myojo Chukazanmai Soy Sause, Jepang

  7. MyKuali Penang Spicy Prawn, Malaysia

  8. Mama Shrimp Creamy Tom Yum, Thailand

  9. Maggi Masala Spicy, Swiss

  10. Indomie Mi Goreng, Indonesia

Ya, Indomie Barbeque Chicken ada di peringkat paling atas dalam daftar. Kata Lucas, di dalam mi instan tersebut terdapat lima paket berbeda. Ada tiga cairan yang terdiri dari minyak bawang, kecap manis, dan saus cabai. Juga ada dua saset bumbu kering yaitu bubuk kaldu ayam dan bawang merah goreng. 

“Mereka semua bercampur menjadi, bagaimana menurut Anda, benar-benar surgawi?,” tanya Lucas. 

Rasa ayam asapnya menyeimbangkan salah satu kelemahannya, yaitu rasa yang terlalu manis baginya. 

Ada juga saus cabai memberikan sedikit rasa pedas dan tekstur bawang yang renyah benar-benar membuatnya luar biasa. Lucas bahkan menulis bahwa ia bisa dan mau makan Indomie Barbeque Chicken setiap hari.