Kalau Sering <i>Insecure</i> dalam Hubungan, Ikuti 4 Cara Ini untuk Mengatasi
Ilustrasi cara mengatasi insecure dalam hubungan (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Merasa tidak aman atau insecure dalam hubungan bisa mengikis kepercayaan dan dapat merenggangkan hubungan dengan pasangan. Pasalnya, insecure bisa membuat seseorang dipayungi kecemburuan dan memicu pertengkaran. Menurut psikolog Jennice Vilhauer, Ph.D., sebagian besar rasa tidak aman berasal dari dalam diri kita sendiri. Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi insecure atau hubungan dirasa tidak aman? Ini penjelasan Vilhauer.

1. Kenali nilai diri

Ketika Anda merasa tidak aman, mungkin karena Anda sering fokus pada sesuatu yang kurang pada diri sendiri. Dalam sebagian besar hubungan yang cocok, masing-masing pasangan membawa kualitas dan kekuatan berbeda untuk saling melengkapi. Untuk merasa lebih aman dalam suatu hubungan, ada baiknya mengetahui apa yang Anda tawarkan kepada orang lain.

Seseorang tak harus cantik, kaya, tampan untuk menawarkan hal penting dalam kualitas hubungan secara keseluruhan. Karakteristik kepribadian jauh lebih penting, jelas Vilhauer. Pikirkan sifat-sifat yang Anda miliki sebagai pribadi. Misalnya, Anda mungkin baik, dapat dipercaya, lucu, baik hati, atau komunikator yang baik. Ini adalah sifat-sifat yang dihargai kebanyakan orang pada pasangan. Artinya, mulailah berfokus pada apa yang Anda tawarkan alih-alih pada apa yang menurut Anda kurang, ini akan mengubah perspektif Anda.

cara mengatasi insedure dalam hubungan
Ilustrasi cara mengatasi insecure dalam hubungan (Freepik)

2. Membangun harga diri

Penelitian menunjukkan bahwa orang insecure memiliki harga diri yang lebih rendah. Ketika merasa tidak nyaman dengan diri sendiri, maka wajar membutuhkan validasi dari luar diri. Namun, kesejahteraan tidak boleh bergantung pada orang lain. Maka Anda dapat menikmati rasa sejahtera yang datang dengan benar-benar menyukai diri sendiri, dan kepercayaan diri adalah kualitas menarik yang membuat pasangan Anda ingin lebih dekat dengan Anda.

Membangun harga diri, tak sesulit kelihatannya. Pertama, belajar minimalisir mengkritik diri sendiri, melatih welas asih, dan fokus pada aspek diri yang Anda sukai. Artinya, Anda perlu mengembangkan kualitas positif diri.

3. Jaga kemandirian

Hubungan yang sehat, terjalin dari dua orang yang sehat pula. Dengan mempertahankan identitas diri dan memenuhi kebutuhan pribadi, adalah kunci menjaga keseimbangan yang sehat dalam suatu hubungan, jelas Vilhauer dilansir Psychology Today, Senin, 10 Juli. Ketika Anda bergantung pada pasangan dalam memenuhi semua kebutuhan Anda, maka akan mudah insecure.

Menjadi orang mandiri yang memiliki hal-hal yang terjadi di luar hubungan juga membuat Anda menjadi pasangan yang lebih menarik dan atraktif. Cara untuk mempertahankan kemandirian Anda antara lain dengan meluangkan waktu untuk teman, minat, hobi , menjaga kemandirian finansial, dan memiliki tujuan peningkatan diri yang terpisah dari tujuan hubungan Anda. Intinya, jangan lupa memikirkan dan memenuhi kebutuhan diri sendiri secara mandiri.

cara mengatasi insecure dalam hubungan
Ilustrasi cara mengatasi insecure dalam hubungan (Freepik/stefamerpik)

4. Percaya pada diri sendiri

Merasa aman dalam suatu hubungan, bisa dimulai dengan memercayai diri sendiri. Percayalah pada diri Anda sendiri, dengan mendengarkan suara hati kalau ada sesuatu yang tidak beres. Saat Anda memercayai diri sendiri, merasa aman hampir merupakan jaminan. Namun, penting diingat, tidak ada orang yang sempurna. Tidak perlu menjadi sempurna untuk merasa aman. Anda hanya perlu fokus pada diri sendiri.

Di atas adalah kelima cara mengatasi insecure dalam hubungan. Kalau Anda sering mengalami rasa tidak aman dalam hubungan Anda dan pasangan, cobalah untuk berbicara empat mata. Habiskan waktu berdua dan berkomunikasi secara asertif supaya masing-masing orang mengetahui kebutuhan pribadi dan bagaimana saling mendukung keharmonisan dalam hubungan.