Jonas Rivanno dan Asmirandah Berduka, Ibunda Meninggal Dunia karena Menderita Kanker Sejak 2008
Jonas Rivanno dan Asmirandah di pemakaman mendiang ibu (dok. Ist)

Bagikan:

JAKARTA - Pasangan Jonas Rivanno dan Asmirandah tengah berduka. Leony Pattipeilohy, ibunda dari Jonas meninggal dunia di usia 61 tahun pada Jumat, 7 Juli.

Mendiang Leony Pattipeilohy dimakamkan di TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur pada Sabtu, 8 Juli.

Suami Asmirandah itu menyebut sang ibu sudah menderita kanker kandung kemih selama 15 tahun terakhir, hingga akhirnya menghembuskan nafas terakhir kemarin.

“Jadi mama sebenarnya sudah menderita kanker sejak tahun 2008 dan berjuang melawan kanker sampai dengan 2023,” ungkap Jonas Rivanno usai pemakaman sang ibu.

“Mama menderita kanker buli buli. Kanker buli buli itu dekat saluran kemih ya kalau mau lebih lengkapnya mungkin enaknya dokter yang jelasin,” sambungnya.

Kanker yang diderita, kata Jonas, sudah merambat ke banyak organ tubuh sang ibu. Ia juga menyebut ibunya kerap mengeluh sakit karena penyakit yang diderita.

“Karena tadi aku bilang kan dari tahun 2008 mama udah menderita kanker, jadi setelah berjuang sampai tahun 2023 itu, kanker itu perlahan-lahan, jadi sakitnya sedikit-sedikit. Mulai dari ginjal, bahkan ke saluran pembuangan juga, hati, sampai terakhir dokter ngejelasin sudah sampai ke paru-paru (penyebarannya). Jadi, kalau penyakitnya sih sudah menyebar,” tutur Jonas.

Aktor 36 tahun itu juga menjelaskan bahwa kondisi ibunya sejak awal tahun ini memburuk. Mendiang sempat dirawat intensif di rumah sakit sejak awal tahun.

“Dirawat di rumah sakit intens sejak awal tahun 2023. Sempat balik sebentar, habis itu balik lagi ke rumah sakit,” katanya.

Mengenang sosok Leony Pattipeilohy, Jonas menyebut ibunya adalah segalanya baginya. Sementara, Asmirandah menyebut mendiang sebagai mertua yang banyak mengajarkan hal baik.

“Dia bukan cuma ibunda buat saya, dia teman baik saya, dia cinta pertama saya, dia tiang doa saya, tiang doa keluarga. Dan buat saya dia adalah segalanya,” kata Jonas Rivanno.

“Beliau itu ibu mertua yang luar biasa sih buat aku, baik banget, dan banyak banget mengajarkan hal-hal baik juga, bukan cuma ke menantunya tapi ke anak-anaknya juga,” pungkas Asmirandah.