4 Bahan Alami Pengganti Obat Kumur yang Dijual di Pasaran
Ilustrasi (Franziska Ingold-Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Obat kumur adalah penyelamat setelah makan makanan berbau menyengat atau ketika kondisi mulut terasa kurang segar. Selain menyegarkan napas, obat kumur juga dapat meningkatkan kesehatan mulut, memperkuat gigi dan gusi, mencegah menumpuknya plak, dan mengobati luka di area mulut. 

Sebenarnya obat kumur sudah banyak di pasaran, dengan berbagai rasa dan aroma berbeda. Namun, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan alami seperti berikut: 

Garam

Campurkan setengah sendok garam dan segelas air hangat. Aduk rata kemudian pakai berkumur. Air dan garam terbilang efektif membilas mulut dan fungsinya pun mirip dengan obat kumur yang dijual di pasaran. 

Bila khawatir dengan obat kumur yang mengandung alkohol, membuatnya sendiri dari air dan garam bisa jadi solusi. Anda bisa menggunakan larutan ini dua sampai tiga kali sehari, bahkan bisa dipakai untuk meredakan sakit gigi. 

Minyak kelapa

Ya, minyak kelapa juga bisa jadi alternatif obat kumur. Tentunya Anda butuh minyak kelapa murni agar hasilnya lebih optimal. Cukup satu sendok makan lalu kumur-kumur setelah sikat gigi. 

Berkumur dengan minyak kelapa bisa menghilangkan bakteri dan membuat gigi serta gusi lebih sehat. Cara kerja minyak kelapa bisa membersihkan rongga mulut dan menghilangkan semua kotoran.

Soda kue

Ada soda kue di rumah? Bahan ini juga bisa dijadikan obat kumur. Caranya dengan mencampurkan setengah sendok soda kue, garam, dan segelas air. Gunakan untuk berkumur sebelum sikat gigi. Fungsi berkumur dengan soda kue adalah menetralkan bau mulut. 

Jus lidah buaya

 

Bahan alami lain yang bisa dimanfaatkan adalah lidah buaya. Jadi Anda bisa membuat jus terlebih dahulu dengan menghaluskan daging lidah buaya dengan air. Setelah halus, tambahkan setengah sendok soda kue dan berkumurlah. Obat kumur ini bisa dipakai tiga kali sehari atau sesuai kebutuhan.