Tips Menemukan Penginapan Ideal untuk Liburan
Ilustrasi Penginapan Ideal (Donald Tong/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Semakin banyak orang berpaling meninggalkan hotel sebagai tempat menginap saat liburan. Menginap di rumah atau apartemen milik warga setempat menjadi salah satu alasan hampir setiap orang ingin berlibur untuk meminimalisir pengeluaran.

Anda juga akan merasakan pengalaman berbeda ketika menginap di rumah atau apartemen warga setempat. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk mendapatkan penginapan nyaman dan aman.

Tawaran fasilitas

Sebelum memilih penginapan ideal, penting untuk mengetahui tawaran fasilitas oleh sang host. Jika penginapan tersebut sudah menyediakan fasilitas yang dibutuhkan, Anda dapat menghemat barang bawaan dan tentu saja merasa lebih nyaman dengan fasilitas lengkap.

Private or share

Perhatikan ada berapa jumlah kamar di tempat Anda menginap. Apakah Anda akan mendapatkan seluruh hunian untuk diri sendiri atau Anda harus berbagi dengan tamu lain. Ketahui juga apakah sang host akan berada di tempat selama Anda menginap atau tidak. Anda bisa menyesuaikan pilihan ini sesuai selera dan kenyamanan.

Cari lokasi sesuai kebutuhan

Salah satu hal penting dari memilih penginapan adalah mencari tahu apakah letak penginapan tersebut jauh atau dekat dari tempat-tempat menyenangkan yang ingin dikunjungi.

Pilihlah penginapan dengan jarak paling dekat sekitar 100m dari tempat atraksi. Kalau terlampau jauh Anda bisa menyewa kendaraan sebagai alternatif.

Cek foto dengan seksama

Jangan sepelekan foto di situs web resmi penginapan. Perhatikan secara detail seperti apa kondisinya. Profil rumah atau apartemen yang hanya sedikit memajang foto menunjukan ketidakseriusan host atau pemilik terhadap propertinya.

Baca ulasan tempat menginap lain

Banyaknya review menunjukan hunian ini menarik dan mungkin menjadi favorit. Di sisi lain, kelayakan fasilitas hunian mungkin bisa berkurang akibat telah banyak berpindah tangan. Perhatikan dengan seksama semua ulasan mengenai tempat tersebut.