Ingin Backpacker ke Labuan Bajo? Ini Tips dan Persiapan, Lengkap dengan Estimasi Biayanya
Ilustrasi backpacker ke Labuan Bajo (Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Menjelang momen liburan, banyak masyarakat yang melakukan backpacker ke Labuan Bajo yang ada di Nusa Tenggara Timur (NTT). Namun sebelum melakukannya, ada beberapa hal yang harus diketahu seperti tips, persiapan, dan biaya yang harus disiapkan lebih dulu.

Backpacker ke Labuan Bajo

Backpacker adalah melakukan sebuah perjalanan ke suatu tempat tanpa membawa barang yang banyak dan memanfaatkan transportasi umum. Orang yang melakukan liburan ala backpacker biasanya hanya berbekal tas ransel dan mengalokasikan biaya untuk naik transportasi umum.

Trend backpacker ke Labuan Bajo, NTT jadi sendiri mulai meningkat terlebih setelah pandemi. Bagi Anda yang ingin melakukannya, simak dulu beberapa tips berikut ini.

  1. Jangan Bawa Barang Terlalu Banyak

Untuk melakukan backpacker ke Labuan Bajo, usahakan membawa barang seminimalis mungkin. Anda dianjurkan membawa barang-barang penting saja seperti beberapa potong baju, sepatu, alat mandi, ponsel, charger, dan sebagainya. Jangan bawa koper yang justru akan membebani perjalanan Anda.

  1. Kumpulkan Informasi Rute Transportasi Umum

Tips backpacker ke Labuan Bajo selanjutnya adalah Anda harus tahu rute perjalanan yang dilalui transportasi umum mulai dari pesawat, bus, angkot, atau ojek. Kegiatan ini jadi aktivitas yang menyenangkan bagi para backpacker karena bisa menikmati perjalanan secara maksimal.

  1. Kumpulkan Informasi Penginapan

Setelah mengetahui rute menuju Labuan Bajo, Anda disarankan untuk mengumpulkan informasi terkait penginapan, baik penginapan untuk istirahat maupun di Labuan Bajo. Anda bisa memilih hotel atau homestay, tergantung ketersediaan penginapan.

  1. Cari Teman Perjalanan

Sebenarnya mencari rekan perjalanan backpacker tidak harus dilakukan, namun Anda disarankan melakukan ini dengan mempertimbangkan faktor keselamatan baik saat berada di perjalanan atau Ketika tiba di tujuan.

  1. Persiapkan Uang Cash Secukupnya

Pelaku backpacker disarankan untuk membawa uang cash secukupnya. Meski saat ini pembayaran digital gencar dilakukan, namun beberapa wilayah masih belum mengakomodir pembayaran via digital.

  1. Hubungi Agen Wisata di Labuan Bajo

Setelah tiba di Labuan Bajo, Anda bisa berlibur sesuka hati. Namun kadang kala keterbatasan informasi tujuan wisata jadi kendala tersendiri. Agar lebih efektif, Anda bisa menghubungi agen wisata di Labuan Bajo untuk mengantar Anda menuju tempat wisata tertentu. Biasanya mereka akan memberikan tour guide untuk mengantarkan wisatawan ke destinasi wisata di NTT.

Estimasi Biaya Perjalanan Backpacker ke Labuan Bajo

Estimasi biaya perjalanan adalah hal yang harus diketahui oleh para backpacker. Untuk menyusunnya, Anda tak perlu khawatir karena bisa menuju Labuan Bajo dengan pesawat.

Labuan Bajo memiliki bandar udara, Bandara Komodo yang melayani penerbangan dari beberapa kota. Misalnya, harga tiket pesawat dari Jakarta menuju Labuan Bajo berkisar Rp1.500 hingga Rp2 juta satu kali jalan.

Setelah sampai di Labuan Bajo Anda bisa mencari penginapan yang banyak tersedia mulai dari hotel berbintang hingga home stay. Harga yang dipatok juga beragam, namun Anda bisa menyiapkan budged sekitar Rp150 ribu per malam. Anda bisa melakukan pengecekan harga penginapan di Labuan Bajo lewat aplikasi booking hotel online yang banyak tersedia di internet.

Anda juga bisa menyewa sepeda motor di Labuan Bajo untuk mengakomodasi perjalanan Anda selama di sana. Harga sewa motor di Labuan Bajo juga beragam, mulai dari Rp50 ribu per hari.

Itulah informasi terkait backpacker ke Labuan Bajo. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.