Melihat Persiapan KTT ASEAN Labuan Bajo, dari Transportasi hingga Keamanan
Retno Marsudi. (Foto dari Antara)

Bagikan:

YOGAKARTA - Penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 sudah di depan mata. Pertemuan para pemimpin negara di Asia Tenggara tersebut akan digelar di Labuan Bajo, NTT, pada 9 hingga 11 Mei mendatang. Seperti apa persiapan KTT ASEAN Labuan Bajo?

Mengingat pelaksanaan KTT ASEAN 2023 tinggal menghitung hari, pemerintah Indonesia dan stakeholder terkait tengah memprioritaskan persiapan untuk acara tersebut. Persiapan baik substansi maupun non substansi dilakukan secara matang demi menyukseskan KTT ASEAN tahun ini. 

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, melalui YouTube Sekretariat Presiden, menyampaikan bahwa persiapan KTT ASEAN Labuan Bajo dilakukan sebaik mungkin dan dipastikan akan berjalan lancar. 

Persiapan KTT ASEAN Labuan Bajo

Menlu Retno Marsudi mengatakan bahwa persiapan yang dilakukan untuk KTT ASEAN Labuan Bajo, di antaranya kesiapan Bandara Komodo, persiapan hotel untuk fasilitas penginapan, jadwal 8 pertemuan, dan persiapan dokumen.

Kesiapan Bandara Komodo

Pemerintah mengecek kesiapan Bandara Komodo sebagai akses kedatangan para peserta KTT ASEAN. Menlu Retno Marsudi mengatakan bahwa saat ini Bandara Komodo sudah memiliki dua jalur, yaitu jalur domestik dan jalur internasional. Nantinya juga akan disediakan fasilitas untuk imigrasi dan conveyor belt khusus menerima barang-barang dari luar negeri.   

“Jadi, persiapan bandara akan terus dilakukan termasuk tanda-tanda untuk penyelenggaraan KTT ASEAN . Jadi sekali lagi, pengecekan dilakukan secara detail,” kata Menlu Retno.

Menyiapkan Fasilitas Hotel

Pemerintah juga menyiapkan fasilitas hotel-hotel yang disediakan sebagai penginapan para pemimpin negara pada KTT ASEAN tahun ini. Presiden memberikan arahan bahwa fasilitas hotel yang diberikan harus mengutamakan hospitality yang baik serta memberikan kenyamanan. Hal tersebut disampaikan Retno Marsudi lewat YouTube Sekretariat Presiden mengenai Kesiapan Penyelenggaraan KTT ASEAN di Labuan Bajo.

“Jadi, arahan Bapak Presiden adalah jelas agar diutamakan hospitality yang baik juga dijaga kenyamanannya bagi semua tamu kita yang akan mengikuti KTT ASEAN yang ke-42 di Labuan Bajo dan tentunya ini merupakan kesempatan yang baik bagi promosi Labuan Bajo untuk Asean juga tentunya dunia,” kata Retno Marsudi.

Jadwal 8 Pertemuan

Menlu Retno Marsudi juga mengatakan akan ada 8 pertemuan pada KTT ASEAN 2023 yang dilaksanakan selama dua hari. Pada hari pertama, Presiden RI akan memimpin lima pertemuan. Sementara, pada hari kedua Presiden memimpin dua pertemuan. Satu pertemuan akan dipimpin oleh Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim secara bergilir.

“Mengenai persiapan substansi, saya sampaikan kepada Bapak Presiden bahwa secara total dua hari pertemuan akan ada delapan pertemuan. Di hari pertama ada lima pertemuan, di hari kedua ada tiga pertemuan,” tutur Menlu Retno Marsudi. 

Persiapan Dokumen

Persiapan dokumen juga dilakukan demi kelancaran penyelenggaraan KTT ASEAN di Labuan Bajo. Berkaitan dengan persiapan dokumen dalam KTT ASEAN ke-42 ini masih pada tahap negosiasi di tingkat pejabat tinggi atau Senior Officials Meeting (SOM).

 “Di Asean Matters itu dokumennya terkait bagaimana upaya ASEAN untuk meningkatkan, memperkuat diri sehingga mampu menghadapi tantangan ke depan. ‘Epicentrum of Growth’ terkait resiliensi ekonomi ASEAN ,” ungkap Menlu Retno Marsudi..

Pengamanan Pelaksanaan

Pemerintah menggandeng Polri untuk menyiapkan pengamanan demi keamanan saat pelaksanaan KTT ASEAN. Dengan persiapan keamanan yang baik, dipastikan acara dapat berjalan  lancar dan tidak ada gangguan. Sebanyak 2.627 personel akan ikut serta dalam menjaga penyelenggaraan KTT Asean di Labuan Bajo..

Selain itu Kapolda NTT juga menyampaikan beberapa imbauan yaitu, tidak melakukan unjuk rasa pada saat kegiatan KTT Asean, harap menaati rekayasa lalu lintas pada tanggal yang ditentukan dan tidak parkir di bahu jalan, serta turut mendukung berbagai rangkaian acara KTT Asean. 

Demikianlah informasi persiapan KTT ASEAN Labuan Bajo yang akan diselenggarakan pada 9-11 Mei 2023. Pemerintah dan sejumlah pihak terkait saling bersinergi melakukan persiapan matang demi kelancaran dan keamanan pelaksanaan KTT ASEAN 2023.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.