Inilah Deretan Agenda KTT ASEAN Labuan Bajo yang Dipimpin Presiden Joko Widodo
Ilustrasi Kawasan Labuan Bajo yang jadi venue KTT ASEAN 2023 (Dok. Kementerian PUPR).

Bagikan:

YOGYAKARTA – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi mengungkap agenda KTT ASEAN Labuan Bajo yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dikatakan Retno, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 yang diselenggarakan di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada 9-11 Mei, mempunyai delapan agenda pertemuan.

"Pertemuan tidak hanya satu, tapi ada beberapa karena untuk KTT ke-42 ASEAN ada dua format, yakni format pleno dan format retreat," kata Retno Marsudi di Puncak Waringin Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Selasa, 25 April 2023, dikutip dari Antara.

Ditambahkan Menlu, dari delapan agenda tersebut, tujuh di antaranya bakal dipimpin oleh Presiden Jokowi. Sementara satu pertemuan sisanya akan dipimpin oleh Perdana Menteri (PM) Malaysia.

Lantas, apa saja tujuh agenda KTT ASEAN yang bakal dipimpin Presiden Jokowi? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Agenda KTT ASEAN Labuan Bajo yang Dipimpin Presiden Jokowi

Menlu RI Retno Marsudi mengungkap beberapa agenda pertemuan para petinggi negara ASEAN yang dipimpin oleh Jokowi pada KTT tersebut, di antaranya Pertemuan dengan Parlemen, Pertemuan dengan pemuda, Pertemuan dengan Pebisnis, Pertemuan dengan High Level Task Force yang akan mempersiapkan visi ASEAN 2045 dan IMT-GT Summit, (pertemuan Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Treangle).

Adapun pertemuan yang dipimpin oleh Perdana Menteri Malaysia adalah BIMP-EAGA Summit. Ini adalah pertemuan Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Filipina dalam East Asean Growth Area.

"Pemimpin pertemuan itu (BIMP-EAGA) dipimpin secara rotasi dan tahun ini giliran Malaysia," terang Retno.

Rangkaian pelaksanaan KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo akan dimulai pada 8 Mei 2023 dengan agenda Senior Official Meeting. Selanjutnya, pertemuan tingkat menlu digelar pada 9 Mei 2023.

"Puncak KTT itu tanggal 10 dan 11 Mei," ucap Retno

Retno Marsudi pada Selasa, 25 April 2023 ikut mendampingi Presiden Joko Widodo melakukan pengecekan akhir Labuan Bajo sebagai tuan rumah KTT ASEAN 2023 di Puncak Waringin.

"Kami sedang menghitung hari, tinggal dua minggu. Semua persiapan sudah on the right track, tinggal tambahan sampai hari H," tuturnya.

Salah satu lokasi kegiatan KTT ASEAN 2023 adalah Puncak Waringin yang dijadwalkan menjadi tempat Spouse Program bagi pasangan para kepala negara.

"Tadi dicek Bapak dan Ibu Negara, dengan beberapa arahan mengenai persiapan Spouse Program," ujar Retno Marsudi.

Agenda Lengkap KTT ASEAN Labuan Bajo

Asal tau saja, Indonesia mengangkat tiga isu prioritas dalam KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, antara lain recovery and rebuilding (pemulihan dan pembangunan kembali), digital economy (ekonomi digital), dan sustainability (keberlanjutan) yang implementasinya diterjemahkan ke dalam 16 (enam belas) Priority Economic Deliverables (PED) selama tahun 2023.

Berikut rincian 16 agenda KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo:

1. Pemulihan dan Pembangunan Kembali

  • Kerangka Kerja Fasilitasi Jasa ASEAN
  • Membina pemulihan serta memastikan stabilitas dan ketahanan keuangan ekonomi
  • Deklarasi Para Pemimpin ASEAN tentang Penguatan Ketahanan Pangan
  • Penandatanganan Protokol ke-2 Mengubah Persetujuan Pembentukan Kawasan
  • Perdagangan Bebas ASEAN-Australia-Selandia Baru Pembentukan Unit Pendukung RCEP di Sekretariat ASEAN, Jakarta, Indonesia
  • Kerangka Kerja ASEAN untuk inisiatif berbasis proyek industri (inisiatif lintas pilar).

2. Ekonomi Digital

  • Implementasi penuh e-Form D melalui ASEAN Single Window. Memajukan konektivitas pembayaran serta mempromosikan literasi dan inklusi keuangan digital untuk mendukung pertumbuhan ekonomi inklusi
  • Pernyataan Pemimpin untuk mengembangkan ASEAN Digital Economy Framework Agreement (DEFA).
  • Regulatory Pilot Space (RPS) untuk memfasilitasi aliran data digital lintas batas untuk mengaktifkan mobil self-driving di ASEAN.
  • Kerangka Kerja ASEAN tentang Logistik untuk Rantai Pasokan Ekonomi Digital untuk Wilayah Pedesaan (Last-Mile Delivery).

3. Keberlanjutan

  • Peta Jalan Harmonisasi Standar ASEAN untuk mendukung implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Pengembangan ekosistem kendaraan listrik.
  • Pengembangan Kerangka Ekonomi Biru ASEAN (inisiatif lintas pilar).
  • Kerangka Pembiayaan Transisi untuk mendukung keuangan berkelanjutan dan ekonomi hijau.
  • Deklarasi Ketahanan Energi Berkelanjutan melalui interkonektivitas dan integrasi pasar.

Demikian informasi tentang agenda KTT ASEAN Labuan Bajo yang dipimpin Presiden Jokowi. Baca terus VOI.ID untuk mendapatkan berita menarik lainnya.