Lukman Sardi Jadi Pastor Gereja Katolik, Ini Perjuangan yang Harus Dilalui
Lukman Sardi (Ivan Two Putra/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Lukman Sardi didapuk menjadi pemeran utama dalam film horor terbaru produksi Paragon Pictures, Kuasa Gelap. Ia akan memainkan karakter seorang pastor Gereja Katolik yang biasa melakukan eksorsis (pengusiran setan dengan upacara tertentu).

Menyebut setiap peran sebagai tantangan baru, Lukman Sardi mengatakan bahwa karakter yang dimainkannya kali ini cukup sulit. Pasalnya, ia harus menyesuaikannya dengan bayangan penonton akan sosok seorang pastor.

“Kalau kita ngomong pastor, ya orang kan udah punya bayangan pastor kayak apa, itu jauh lebih sulit menurut aku. Jadi ya tentu tantangannya bisa merepresentasikan pastor yang masyarakat tahu seperti apa, jadi harus bener-bener detail,” ujar Lukman Sardi di International Design School, Jakarta Selatan pada Selasa, 30 Mei.

Lebih dari itu, Lukman Sardi mengatakan jika ia dituntut untuk fasih berbahasa latin. Sebagaimana doa-doa kuno dalam eksorsisme Gereja Katolik diucapkan dengan bahasa latin, aktor 51 tahun itu harus belajar bahasa latin saat adegan di film nanti.

“Di skripnya juga lumayan banyak bahasa latin, penyebutannya saja nggak bisa salah. Mau nanya sama romo (pastor Gereja Katolik) doa ini dengan bahasa latin biasanya situasinya apa, pengucapannya seperti apa. Jadi penting, penginnya orang believe dari true story gitu. Challenging banget di situ,” tuturnya.

Untuk bisa memerankan pastor Gereja Katolik dengan maksimal, Lukman Sardi akan berdiskusi langsung dengan pemimpin gereja. Ia berharap bisa memerankan karakternya dengan baik.

“Kemarin itu sebenarnya sudah mau ketemu sama romonya. Cuma, karena waktu itu ter-pending syutingnya, jadi belum sempat ngobrol lagi. Tapi nanti aku akan banyak ngobrol sama romonya sih. Yang paling penting buat aku bagaimana aku bisa merepresentasikan pastor itu seperti masyarakat juga melihat seorang pastor,” kata Lukman.

Selain Lukman Sardi, film garapan sutradara Bobby Prasetya itu juga dibintangi Astrid Tiar dan Jerome Kurnia. Kuasa Gelap akan menjalani syuting dalam waktu dekat dan direncanakan untuk tayang di bioskop pada tahun 2024 mendatang.