Bagikan:

JAKARTA - Paragon Pictures menghadirkan film horor terbaru mereka berjudul Kuasa Gelap. Film yang disutradarai Bobby Prasetyo ini merupakan adaptasi kisah nyata sekaligus keinginan produser Robert Ronny untuk membuat film horor katolik.

“Proyek ini disiapkan dari tahun 2018. Butuh 4 tahun untuk developnya. Salah satu tantangan adalah apakah kita percaya penonton bisa menerima film ini. Gimana menkomunikasikannya,” kata Andi Boediman salah satu produser pada konferensi pers pada Selasa, 20 Agustus.

“Saya nonton film exorcism itu di sebuah tv swasta. Sebenarnya saya bukan orang yang suka dengan horor. Dikit lah yang bikin saya takut. Karena saya katolik, saya terobsesi jadi saya nonton, baca novelnya. Saya pikir kapan Indonesia bikin kayak gitu tapi realistis karena Indonesia kan mayoritas muslim,” kata Robert Ronny selaku produser.

“Saya bukan romo, saya gak lakuin exorcism tapi karena bikin film jadi saya cari tahu ini,” lanjutnya.

Jerome Kurnia dan Lukman Sardi dipercaya menjadi karakter utama dalam film ini. Mereka berperan sebagai romo yang dihadapkan dengan kasus eksorsisme.

“Proses menjadi (romo) Thomas difasilitasi sangat baik dan cukup. Setiap hari kita ketemu sama romo dan guru besar yang diizinkan dari Vatikan untuk melakukan exorcism. Tiap hari ketemu seperti kelas. Seru banget. Sebuah pengalaman baru buat gue,” kata Jerome Kurnia.

“Buat gue ini sebuah something new bagaimana memerankan karakter romo yang tidak pernah dibayangkan. Enaknya jadi aktor kita selalu punya pengalaman dan pelajaran baru,” kata Lukman Sardi.

Film Kuasa Gelap menjadi panggilan bagi Robert Ronny untuk membuat film horor katolik yang menjadi pembeda dari film horor di Indonesia.

“It takes time untuk meminta izin untuk gereja katolik tapi niat saya bukan untuk uang tapi ada panggilan buat film ini. Bukan untuk eksploitasi agama,” kata Robert Ronny.

Film Kuasa Gelap menceritakan Romo Thomas (Jerome Kurnia) yang mengalami trauma karena kehilangan keluarganya. Ketika ditugaskan untuk melakukan eksorsisme oleh Romo Rendra (Lukman Sardi) untuk seorang perempuan bernama Kayla (Lea Ciarachel), Romo Thomas menghadapi sesuatu yang mengancam kepercayaan dan hidupnya.

Film ini juga dibintangi Astrid Tiar, Delia Husein, dan Freya JKT48. Kuasa Gelap akan tayang di bioskop Indonesia mulai 3 Oktober 2024.