Bagikan:

JAKARTA - Shah Rukh Khan merupakan salah satu aktor besar di India. Film-filmnya di India mendapat atensi publik hingga namanya dikenal secara internasional.

Baru-baru ini, ia menerima penghargaan Career Achievent di Festival Film Locarno ke-77 di Switzerland. Penghargaan itu menjadi bentuk apresiasi berkat kontribusinya dalam dunia film.

Menariknya, selama berkarier, ia belum pernah membintangi film Hollywood. Ketika ditanyakan, ia menjelaskan punya syarat tertentu dalam memilih sebuah proyek.

“Saya pikir (Hollywood) adalah sinema terbesar tergantung dari bagaimana orang melihatnya,” kata Shah Rukh Khan mengutip Variety.

“Saya rasa saya bukan di posisi yang bisa memilih, tapi ya, ketika ada kesempatan, saya harap saya cukup bisa berbahasa Inggris,” katanya.

Selain itu, ia juga memilih peran yang bisa meningkatkan pandangan dunia terhadap sinema India. Sejak lama ia ingin membanggakan tempat kelahirannya dengan karya.

“Dan saya tidak mau terdengar terlalu meninggi, tapi (peran) itu harus sesuai dengan status yang diberikan audiens India kepada saya. Proyek itu tidak boleh mengecewakan,” lanjut Shah Rukh Khan.

“Saya mungkin terlihat kurang ajar, tapi saya sangat menghormati dan menghargai betapa besar apresiasi orang terhadap saya. Orang-orang mengagumi apa yang saya lakukan, memberi saya terlalu banyak hormat,” katanya.

“Ada rasa hormat yang harus saya pertahankan ketika saya berperan dalam film apa pun, apakah itu film Hindi atau film India Selatan atau film Marathi atau film Prancis atau film Hollywood. Jadi menurut saya, belum ada yang menawari saya peran seperti itu. Saya tidak punya agen di sana. Sejujurnya, saya juga belum mencarinya,” ungkapnya lagi.

Ke depannya, ia tertarik bergabung di produksi Hollywood terlepas menjadi aktor, atau produser, penulis, atau pembawa lampu sekalipun.

“Saya hanya ingin cerita India diterima seluruh dunia, dan saya berharap saya bisa menjadi bagian kecil dari itu,” kata Shah Rukh Khan.

Berakting sejak tahun 1988, Shah Rukh Khan sudah memiliki kredit akting lebih dari 100 dan dinobatkan sebagai salah satu aktor terkaya di dunia.