Bagikan:

JAKARTA - Tahun ini, Forbes kembali merilis deretan nama yang masuk ke dalam daftar 30 Under 30 Asia 2023. Di antara banyaknya nama, ada dua grup K-pop dan tiga aktris Korea Selatan yang mendapat pengakuan dari dunia hiburan.

NewJeans, LE SSERAFIM, serta aktris Jung Ji So, Kim Hye Yoon, dan Lee Yoo Mi merupakan salah satu dari 30 penerima di kategori hiburan dan olahraga.

“NewJeans sedang berjalan menuju sensasi K-pop. Mereka debut pada Juli 2022 dengan Attention yang memiliki 130 juta views di YouTube. Lagu terbaru mereka, OMG memiliki 90 juta views sejak dirilis pada Januari tahun ini,” begitu deskripsi mereka tentang NewJeans.

Mereka juga mencatat sejumlah pencapaian yang diperoleh NewJeans sejak debut seperti Golden Disc Awards, masuke ke tangga musik Billboard hingga mendapat kontrak ambasador dengan brand ternama. Hyein dengan Louis Vuitton, Danielle dengan Burberry, serta Hanni dengan Gucci.

Senior mereka, LE SSERAFIM juga mendapat pengakuan sebagai salah satu grup K-pop terpopuler. Mereka terus menuai prestasi di tahun kedua berkarier di industri musik Korea Selatan.

“Setelah melewati perubahan formasi pada awal karier. Mereka debut pada Mei 2022 dengan FEARLESS yang mengesankan 150 juta views di YouTube,” kata Forbes.

Aktris Jung Ji So yang masuk ke dalam daftar ini dipuji karena aktingnya yang kembali menjadi perhatian. Namanya sebagai salah satu pemain Parasite menjadi sorotan setelah membintangi Moon Dong Eun versi muda dalam serial The Glory.

“Jung Ju So membintangi The Glory sebagai Moon Dong Eun versi muda. Dirilis dalam dua bagian, serial ini menjadi salah satu tontonan populer di Netflix. Kini Jung Ji So mempersiapkan syuting untuk adaptasi film Miss Granny,” kata mereka.

Nama Kim Hye Yoon yang masuk ke dalam daftar disebut karena aktingnya mendapat pujian. Lewat film The Girl on a Bulldozer, aktris muda ini mendapat penghargaan dari sejumlah festival film di Asia dan membuat kariernya semakin menanjak.

“Kim Hye Yoon menjadi Aktris Terbaik dalam Blue Dragon 2022 dan menjadi artis muda yang bersinar di New York Asian Film Festival karena perannya. Kim Hye Yoon yang debut satu dekade lalu menjadi populer pada tahun 2018 sebagai aktris pendukung di SKY Castle, serial paling banyak ditonton dan penampilannya mendapat Best New TV Actress di Baeksang Arts 2019,” begitu deskripsi Forbes.

Terakhir ada Lee Yoo Mi yang konsisten meraih hati publik dengan aktingnya di Squid Game dan All of Us Are Dead.

“Penampilannya di Squid Game, serial Netflix membuatnya memperoleh Outstanding Guest Actress in a Drama Series di Creative Arts Emmy Awards 2022. Untuk All of Us Are Dead, ia dinominasikan sebagai Best New TV Actress di Baeksang Arts 2022,” katanya.

“Di luar Netflix, Lee berperan dalam film Young Adult Matters yang memenangkan Best New Film Actress dalam Baeksang Arts 2022,” lanjutnya.