Bagikan:

YOGYAKARTA – Saat ini banyak pekerja remote atau freelancer yang memilih bekerja secara online di kafe. Pasalnya, kafe juga menyediakan tempat dan suasana yang menyenangkan untuk bekerja. Bagi Anda yang ingin menerapkan hal yang sama, ada baiknya mengetahui etika work from cafe.

Etika Work From Cafe

Seperti diketahui, work from cafe adalah mengerjakan pekerjaan kantor sehari-hari di kedai kopi atau kafe. Biasanya para pelaku work from café memilih duduk seharian di depan laptop di area kafe. Sayangnya, bekerja di kafe kadang dianggap kurang sopan karena karena pelaku work from cafe seolah memanfaatkan layanan gratis kafe tanpa memberikan feedback tertentu. Untuk menghindari hal tersebut, kuasai beberapa dasar etika work from cafe berikut ini.

  1. Pilih Kafe yang Sesuai

Nyatanya, tak semua kedai kopi bisa dijadikan sebagai tempat bekerja. Oleh karena itu Anda harus tahu mana kedai kopi yang mengakomodir pekerja work from cafe maupun bukan. Biasanya kafe yang bisa dipakai untuk bekerja menyediakan tempat duduk yang luas, kursi nyaman, sumber listrik yang tersedia, dan wifi.

  1. Sampaikan kepada Pelayan Durasi Kedatangan Anda

Pelaku work from cafe ada baiknya memberitahukan kepada salah satu pelayan durasi yang akan dihabiskan di kafe tersebut. Biasanya para pekerja akan menghabiskan lebih dari 5 jam duduk di kafe.

  1. Jangan Hanya Pesan Menu 1 Kali

Banyak pula para pelaku work from cafe yang hanya melakukan pemesanan makanan atau minuman hanya satu kali, padahal ia menggunakan fasilitas kafe selama berjam-jam. Alangkah baiknya Anda memesan makanan atau minuman lebih dari 1 kali tiap sesi.

  1. Jangan Mengganggu Pelanggan Lain

Pelaku work from cafe juga berpotensi mengganggu pelanggan lain. Misalnya, Anda bekerja dengan menaruh berkas sembarangan di meja sebelah, atau memutar musik kencang.

  1. Sesuaikan Meja dan Tempat Duduk

Usahakan untuk memilih tempat duduk yang sesuai. Jika Anda datang sendiri, jangan memilih meja besar. Pilih meja dengan jumlah kursi yang paling sedikit.

Itulah beberapa etika work from cafe. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.