Sedang Perbaiki Kualitas Diet yang Sehatkan Jantung? Menurut Penelitian: Makanlah Semangka
Ilustrasi manfaat semangka untuk diet dan mencegah penyakit jantung (Freepik/rawpixel.com)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Buah yang kaya akan air ini, ternyata mengandung banyak nutrisi. Termasuk diantaranya potasium, vitamin C, dan magnesium. Buah segar ini juga bersifat antioksidan dari senyawa lycopene dan l-citrulline. Nah, berdasarkan penelitian, menunjukkan bahwa semangka bermanfaat memperbaiki kualitas diet Anda dan menjaga kesehatan kardiometabolik.

Banyak penelitian membuktikan dengan khasiat suplemen dan ekstrak semangka. Tetapi sedikit yang meneliti tentang manfaat mengkonsumsi semangka segar. Dua penelitian di bawah ini membuktikan bahwa semangka mentah meningkatkan pedoman diet dan strategi pencegahan untuk kesehatan kardiometabolik.

Penelitian pertama menemukan bahwa anak-anak dan orang dewasa yang mengonsumsi semangka memiliki asupan asupan nutrisi yang lebih tinggi termasuk serat makanan, magnesium, dan potasium dibandingkan orang yang tidak mengonsumsi semangka. Mereka juga memiliki asupan gula tambahan dan asam lemak jenuh yang lebih rendah.

manfaat semangka untuk diet yang sehatkan jantung
Ilustrasi manfaat semangka untuk diet yang sehatkan jantung (Freepik)

Konsumen semangka, menurut John A. Galat, ahli bedah jantung dilansir Medical News Today, Jumat, 12 Mei, mungkin memiliki pola makan yang lebih sehat. Studi ini menganalisis data dari 56.133 orang dari National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES). Data antara tahun 2003-2018 disusun dan memasukkan pola makan individu usia 2-18 tahun selama 24 jam. Rata-rata konsumsi semangka pada orang dewasa dan anak-anak sekitar 125-162 gram per hari.

Sekitar 98 partisipan mengonsumsi semangka segar sedangkan 2 persen minum jus semangka. Dari hasil analisis peneliti, memperkirakan seluruh asupan nutrisi antara konsumen dan non konsumen semangka. Faktor lain untuk temuan akurat juga dipertimbangkan, seperti aktivitas fisik, rasio pendapatan kemiskinan, status merokok, dan asupan alkohol. Pada akhirnya, peneliti menemukan bahwa konsumen semangka memiliki asupan nutrisi 5 persen lebih tinggi, antara lain serat makanan, magnesium, kalium, dan vitamin A.

manfaat semangka untuk diet yang sehatkan jantung
Ilustrasi manfaat semangka untuk diet dan mencegah penyakit jantung (Freepik/wayhomestudio)

Para peneliti juga mencatat bahwa mengonsumsi semangka dapat dikaitkan dengan kepatuhan terhadap rekomendasi diet secara keseluruhan. Michelle Pearlman, salah satu pendiri Prime Institute dan ahli gastroenterologi dan ahli gizi dokter bersertifikat, meski tidak terlibat dalam penelitian ini membenarkan manfaat konsumsi semangka dan buah-buahan segar lainnya. Tuturnya, mereka yang makan semangka dan buah-buahan lainnya cenderung lebih sedikit makan makanan olahan.

Penelitian kedua, para peneliti berusaha memahami lebih banyak tentang mekanisme biologis yang mendasari manfaat semangka. Semangka kaya akan L-citrulline dan L-arginine, ini berfungsi untuk memperlancar fungsi pembuluh darah dan aliran darah mikrovaskular. Efek baiknya, minum jus semangka tanpa gula tambahan selama dua minggu setiap harinya 500 mililiter, dapat melindungi variabilitas detak jantung (HRV).

Dokter Kelly Johnson-Arbor menambahkan bahwa diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi dan membuktikan validnya manfaat semangka menurunkan risiko kardiovaskular. Tetapi baiknya, buah semangka mngandung air tinggi, serat, dan rendah indeks glikemik. Jadi tak ada salahnya memasukkan semangka dalam menu diet Anda.