Bagikan:

YOGYAKARTA – Belum lama ini dunia memperingati Hari Lupus Internasional. Peringatan tersebut diperingati setiap tanggal 10 Mei. Momen tersebut sebagai salah satu pengingat bahwa penyakit lupus bisa menyerang siapa saja dan di mana saja. Meski diperingati setiap tahunnya, tak banyak orang mengenal apa itu penyakit lupus.

Mengenal Apa Itu Penyakit Lupus

Tahukah Anda bahwa lupus bisa menyerang siapa saja, baik bayi maupun orang dewasa. Tak peduli di mana, seseorang bisa saja terkena penyakit ini. Lalu apa itu penyakit lupus?

Dikutip dari situs resmi Kemenkes, penyakit lupus adalah penyakit penyakit autoimun reumatik kronis yang mampu menyerang berbagai organ tubuh. Penyakit ini memiliki istilah medis yakni Lupus Eritematosus Sistemik atau systemic lupus erythematosus (SLE).

Lupus juga dikenal sebagai penyakit Seribu Wajah karena penyakit ini manifestasi penyakit ini berbeda-beda antara satu pasien dengan pasien lain. Bahkan manifestasi lupus kadang mirip dengan penyakit lain.

Penyakit lupus disebabkan oleh kondisi autoimun, yakni gangguan pada sistem imun tubuh. Dampaknya, tubuh akan kehiangan kemampuan diri mendeteksi mana “benda asing” dan mana yang “tubuh sendiri”. Kondisi itu juga membuat sistem kekebalan tubuh justru menyerang jaringan dan organ tubuh yang sehat.

Dikutip dari AI Care, penyakit ini kemudian memicu peradangan yang terjadi secara terus menerus pada tubuh, termasuk bagian penting dalam tubuh seperti jantung, sendi, ginjal, bahkan paru-paru. Sifat penyakit ini adalah kronis dan bisa berlangsung selama hidup pasien.

Karena disebut dengan Penyakit Seribu Wajah, gejala penyakit lupus terkadang mirip dengan gangguan kesehatan lain sehingga pasien sering terlambat mendapatkan penanganan medis. Namun secara umum gejala lupus adalah sebagai berikut.

  • Nyeri otot dan sendi
  • Ruam di wajah yang mirip kupu-kupu
  • Nyeri dada
  • Rambut menipis
  • Demam
  • Penurunan berat badan secara tiba-tiba
  • Badan mudah lelah

Penyebab Penyakit Lupus

Penyakit lupus bisa disebabkan karena suatu hal. Beberapa kondisi juga membuat risiko seseorang terserang lupus semakin besar. Secara umum penyebab penyakit lupus adalah sebagai berikut.

  1. Reaksi Seseorang Terhadap Obat Tertentu

Harus diketahui bahwa reaksi seseorang terhadap obat tertentu ternyata menimbulkan efek samping yang menyerupai gejala lupus. Akan tetapi, gejala tersebut bisa hilang saat pasien berhenti mengonsumsi obat tersebut. Namun dokter perlu melakukan observasi lebih lanjut untuk menentukan keberadaan penyakit lupus pada pasien.

  1. Usia dan Jenis Kelamin

Lupus bisa menyerang seseorang di usia berapapun. Namun, banyak pasien dari usia 15 hingga 40 tahun yang sering terdiagnosa sebagai pengidap penyakit ini. Selain itu pasien lupus dengan jenis kelamin wanita juga lebih banyak dibanding pasien pria. Bahkan, stres juga mampu memperbesar risiko terkena lupus.

  1. Genetik

Dikutip di beberapa sumber, lupus ternyata lebih rentan menyerang orang dengan kulit berwarna khususnya pada ras Asia, Afrika, dan Hispanik. Selain ras, seseorang yang punya kerabat tingkat pertamma dan kedua dengan pasien lupus ternyata lebih berisiko.

  1. Faktor Lingkungan

Lingkungan yang disebut mampu memperbesar risiko terserang lupus adalah polusi yang disebabkan oleh rokok, paparan radiasi sinar ultaviolet berlebih, lingkungan dengan edaran obat-obatan yang terlalu bebas, hingga serangan virus.

Itulah informasi terkait apa itu penyakit lupus. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya kunjungi VOI.ID.