Jadi Orang Tua yang Suportif, Begini 5 Cara Mendukung Anak Menekuni Minatnya
Ilustrasi cara jadi orang tua yang suportif dan mendukung anak menekuni minatnya (Freepik/pressfoto)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Banyak anak-anak yang mulai mengenali apa minatnya dengan mengikuti berbagai kelas dan les. Mulai dari olahraga, musik, teater, silat, komunitas tertentu, dan masih banyak lagi. Tetapi ketika buah hati Anda sudah menemukan minatnya, berikut cara untuk mendukung anak menekuni minatnya.

1. Menimbang perilaku yang menggambarkan komitmen dalam memberi dukungan

Batasan antara mendukung dan menekan, mungkin terlampau tipis. Kadang Anda sendiri ragu, apakah sikap tertentu menggambarkan dukungan atau menekan anak-anak Anda dalam menekuni minatnya. Maka cobalah untuk mulai berkomitmen untuk berperilaku secara hati-hati. Memberi dukungan berarti mengingatkan secara lembut dan bekerja dengan penuh perhatian.

2. Membina secara positif

Kalimat “permainan yang indah”, “umpan yang bagus”, “keramaian yang hebat”, mungkin tidak menggambarkan keterampilan spesifik. Tetapi kalimat ini memberikan kesan positif yang membina anak menghadapi tantangan dengan penuh semangat. Melansir Psychology Today, Jumat, 5 Mei, hindari meneriaki anak dan memberikan instruksi. Biarkan mereka membuat pilihannya sendiri, belajar melalui permainan, dan benar-benar mendengar pelatih atau rekan satu tim mereka.

cara jadi orang tua yang suportif dan mendukung anak menekuni minatnya
Ilustrasi cara jadi orang tua yang suportif dan mendukung anak menekuni minatnya (Freepik/rapixel.com)

3. Memberi masukan secara spesifik

Perlu dikenali secara jeli, memberi masukan dan memberi instruksi jauh berbeda. Anda bisa menggunakan frasa “Saya suka melihatmu bermain” dengan masukan yang spesifik setelah kompetisi. Hindari memberikan frasa kosong tanpa muatan yang spesifik. Karena dengan memberikan hal-hal detail, Anda telah memberikan dukungan pada buah hati Anda.

4. Menjadi pendengar yang baik

Sebelum memberikan masukan, kiranya penting dengarkan dulu. Jika anak-anak berada dalam situasi yang sulit, mungkin cara terbaik memberikan dukungan adalah dengan menjadi pendengar yang baik. Praktik ampun ini luar biasa dalam kesederhanaannya dan seringkali paling dibutuhkan anak-anak dalam situasi yang mereka anggap sulit.

cara jadi orang tua yang suportif dan mendukung anak menekuni minatnya
Ilustrasi cara jadi orang tua yang suportif dan mendukung anak menekuni minatnya (Freepik/our-team)

5. Memberikan perhatian penuh

Perhatian adalah hal yang paling mendasar dan berarti bagi buah hati. Bentuk perhatian dan dukungan untuk anak dalam menekuni minatnya, seperti memperhatikan sensasi fisik, pikiran, perasaan, dan perilaku anak. Selain itu, berbagi cerita, menjadi pendengar yang baik, berwelas asih, dan komitmen dalam menjadi pendukung.

Dengan lima cara di atas, Anda bisa mempraktikkan sesuai kondisi buah hati. Semakin meningkat kesulitan yang ia alami dalam latihan atau pelajaran, sesuaikan tingkat dukungan Anda. Maka dengan begitu, anak-anak merasa aman, nyaman, dan akan bersemangat dalam mengejar mimpinya.