Viral, Cerita Soimah Merasa Terintimidasi oleh Petugas Pajak
Soimah (IG @showimah)

Bagikan:

JAKARTA - Cerita petugas pajak yang diduga membuat Soimah merasa selalu dicurigai dan tidak nyaman, viral. Dalam kanal YouTube Blakasuta, Soimah menceritakan kejadian tidak menyenangkan yang dia terima kepada Butet Kartaradjasa.

"Tahun 2015, datang ke rumah, orang pajak buka pagar tanpa kulonuwun (permisi) tiba-tiba di depan pintu yang seakan-akan saya mau melarikan diri," ujar Soimah dikutip Sabtu, 8 April.

Bukan cuma sekali, Soimah harus menyimpan semua nota pengeluarannya agar tidak dicurigai oleh petugas pajak.

"Waktu itu awal-awal sukses, kalau banyak uang, tugas saya pertama membahagiakan, membantu keluarga. Masa bantu keluarga enggak boleh? Dijaluki (dimintai) nota mas," kata Soimah.

"Lha masak aku bantu saudara pakai nota, jadi enggak percaya 'masak bantu saudara segini besarnya', yo sak karepku to (terserah aku dong). Jadi harus pakai nota, itu tahun 2015," imbuhnya.

Kejadian berikutnya, Soimah heran dengan kedatangan petugas pajak yang mengukur pendopo yang sedang dibangun. Untuk memberikan tafsir harga, petugas tersebut berkeliling pendopo dari pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB.

"Akhirnya pendopo itu di appraisal hampir Rp 50 miliar, padahal saya bikin aja belum tahu total habisnya berapa. Di sisi lain saya sedih, kok bisa begitu, di sisi lain saya senang. Senangnya gini, kalau itu laku Rp 50 miliar, tukunen, aku untung nanti aku baru bayar pajak, tukunen nek payu Rp 50 miliar," ucap Soimah.

Potongan video tersebut diunggah ulang di Twitter dan masuk menjadi trending topic. Warganet mengomentari perlakuan yang tidak menyenangkan kepada Soimah tersebut.